TEKAN ANGKA LAKA LANTAS DIKALANAGAN PELAJAR, KASAT LANTAS POLRES SOLOK SELATAN LAKUKAN MoU PKS

iklan adsense

TEKAN ANGKA LAKA LANTAS DIKALANAGAN PELAJAR, KASAT LANTAS POLRES SOLOK SELATAN LAKUKAN MoU PKS

SOLOK SELATAN, Pionir- Sebagai upaya untuk menekan angka lakalantas dikalangan pelajar, Kasat Lantas Polres Solok Selatan Iptu Ade Saputra.SH.MH berupaya menggugah kesadaran pelajar melalui kegiatan Patroli Kemanan Sekolah (PKS).

Kata Ade Saputra, melalui giat PKS ini para pelajar nanti akan dibekali dengan ilmu keselamatan berlalu lintas, serta pengenalan tentang rambu-rambu lalu lintas dan pengenalan hukum tartib belalu lintas, disamping itu kita juga akan memberikan pembinaan rutin pada mereka dalam upaya mewujudkan tertib berlalu lintas di jalan raya, tuturnya.

Dikatakanya,  tingginya angka kecelakaan lalu lintas usia produktif di Wilayah hukum Polres Solok Selatan dikarenakan banyaknya generasi muda/pelajar saat berkendara yang tidak mempedulikan aturan berlalu lintas.

"Sekarang banyak para pelajar yang mengendarai sepeda motor kesekolah. Selain itu motornya juga dirancang sedemikian rupa agar bisa mencapai kecepatan tinggi. Padahal idealnya untuk jalanan maximum kendaraan roda dua hanya 40 sampai 60 km per jam," jelasnya.

Untuk menekan angka itu, perlu memberikan arahan kepada mereka tentang pentingnya kesadaran berlalu lintas. 

"Kita akan menggandeng pihak sekokah dan Dinas Pendidikan untuk mensosialisasikan kurikulum lalu lintas masuk sekolah, setidaknya untuk ekstrakurikuler," ucapnya.

Lanjut Ade Saputra mengatakan,  potensi kecelakaan lalu lintas di Solok Selatan masih sangat tinggi disebabkan banyaknya kelalaian dan ketidaktahuan pengendara akan berkendara yang aman. Selain itu infrastruktur transportasi di Solok Selatan sendiri masih banyak yang perlu dibenahi, katanya.

Lanjut Ade mengatakan, Hari ini, Kami melakukan penandatanganan MoU kesepakatan Patroli Keamanan Sekolah di SMAN 6 Solok Selatan. Mereka nantinya yang akan bertugas mengatur lalu lintas kendaraan di lingkungan sekolah. Katanya.

"Kita berharap nantinya para pelar bisa memberikan edukasi dan informasi kepada rekan-rekan pelajar lainnnya, terkait kesadaran tertib berlalu lintas.

"Pelajar ini merupakan perpanjangan tangan dari Satlantas Polres Solsel, karena telah MOU maka akan rutin dilakukan patroli pada pagi hari. Setidaknya, siswa bisa lebih tertib lalu lintas karena mereka akan memberikan imbauan dan contoh bagi pelajar yang lain," ungkapnya (Firman Sikumbang)




iklan adsense

Post a Comment

0 Comments