Waspada Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Kudu Ganting Polsek Kampung Dalam Kunjungi Masyarakat dan Pedagang Ternak

iklan adsense

Waspada Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Kudu Ganting Polsek Kampung Dalam Kunjungi Masyarakat dan Pedagang Ternak

Pariaman Kota, Pionir - Bripka Razul Yasir Bhabinkamtibmas Nagari Kudu Ganting, Polsek Kampung Dalam, adakan giat Door to Door System (DDS) dengan Yasir mantan Ketua Bamus Kudu Ganting, dan pedagang ternak Sudirman serta Afrizal,  Sabtu (16/7/22) pukul 11.00 Wib, di salah satu kedai kopi di daerah tersebut.

Pada kesempatan itu Bripka Razul Yasir  berdialog langsung untuk menyampaikan pesan terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyebarannya pada hewan ternak.

"Kegiatan ini rutin dilakukan pada wilayah yang masyarakatnya banyak memelihara hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing" ungkap Bripka Razul Yasir.

Ditambahkannya, walaupun penyebaran PMK pada hewan ternak sudah mulai dapat teratasi, namun bila warga menjumpai adanya gejala pada hewan ternaknya untuk segera melaporkan kepada istansi terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Meskipun demikian, kepada maayarakat dan pedagang hewan ternak agar berkoordinasi dengan dokter Hewan maupun Mantri Hewan untuk melakukan pemeriksaan bila menemukan gejala PMK pada hewan ternaknya, imbau Bripka Razul Yasir.

"Kita imbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan ternaknya. Begitu juga dengan pedagang, agar pedagang memerhatikan hewan ternak yang akan diperjual belikannya", ungkapnya lagi.

Selain mensosialisasikan bahwa PMK tersebut tidak menular kepada manusia, dan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar area kandang sesuai arahan dinas peternakan dan dinas kesehatan PMK tersebut bisa teratasi.

Sementara itu Kapolsek Kampung Dalam Iptu Jafri menjelaskan, bahwa para Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek Kampung Dalam untuk terjun langsung ke warga binaan yang memiliki ternak dan mensosialisasikan upaya pencegah dan tangkal terhadap penyakit mulut dan kuku ini.

Sehubungan kamtibmas, di himbau masyarakat agar tetap waspada dengan tindak kejahatan, terutama kejahatan pencurian. Serta bagi mereka yang banyak beraktifitas di keramaiaan agar dapat menerapkan protokol kesehatan, untuk memutus penyebaran Virus Covid-19, tukasnya. (ha)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments