Kontrol Kondisi Tahanan, Piket Sat Tahti Polres Pariman Lakukan Pengecekkan Menyeluruh

iklan adsense

Kontrol Kondisi Tahanan, Piket Sat Tahti Polres Pariman Lakukan Pengecekkan Menyeluruh

Pariaman Kota, Pionir - Kasat Tahti Res Pariman Iptu Lukman, SH bersama personel piket fungsi lainnya melaksanakan pengecekkan dan pengontrolan tahanan serta ruang tahanan, Selasa (9/8/22).

Dalam giat tersebut, Piket Sat Tahti melakukan cek dan kontrol tahanan, sekaligus mendat jumlah tahanan. Saat ini ada sebanyak 48 orang tahan, ditambah 5 orang tangkapan Sat. Narkoba, dengan jumlah keseluruhannya 53 orang dengan rincian sebagai berikut, Tahanan Polres sebanyak 38 orang (Laki-laki 38 orang, Perempuan Nihil), titipan Jaksa 10 orang (Laki-laki 8 orang, perempuan 2 orang), dan tangkapan Sat. Narkoba 5 orang (Laki-laki 5 orang, perempuan Nihil).

"Kegiatan cek dan kontrol tahanan tersebut dilakukan  secara rutin, dan sudah merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan, untuk tindakkan preemtif mencegah adanya hal-hal yang di luar kontrol yang tidak diinginkan. Kebersihan setiap sudut atau bagian ruang tahanan juga tidak lepas dari pengecekkan. Setiap kamar dan barang serta badan tidak lepas dari pemeriksaan", ungkap Iptu Lukman.

Ditambahkannya, setiap setelah pergantian piket personel baik pagi siang dan malam hari selalu dilaksanakan pengecekkan ke seluruh ruang tahanan dan para penghuninya. Pengecekkan meliputi  seluruh sistem pengamanan di antaranya petugas piket jaga tahanan, kunci ruang sel tahanan, flapon ruang tahanan, barang,/benda-benda yang ada di ruang tahanan.

Kegiatan tersebut dilakukan agar piket personel selalu siaga dan peka terhadap kondisi ruang tahanan maupun keadaan para tahanan. Jangan sampai ada tahanan yang melarikan diri, sakit bahkan meninggal dunia di dalam ruang tahanan.

Sementara itu untuk menjaga kesehatan tahanan agar tetap bugar dan sehat, tidak lupa petugas memberikan arahan kepada seluruh tahanan untuk olah raga mandiri atau bersama-sama serta menjaga kebersihan ruang tahanan, akhir Iptu Lukman.(ha)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments