Bhabinkamtibmas Polsek Koto Baru Sambangi Warga Sosialisasikan Pencegahan PMK

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Koto Baru Sambangi Warga Sosialisasikan Pencegahan PMK

Koto Baru, Pionir--Untuk mengendalikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Bhabinkamtibmas Nagari Ampang Kuranji Polsek Koto Baru, Polres Dharmasraya Briptu M. Jerry Khairanda mengadakan giat sambang warga yang memiliki hewan ternak, seperti Sapi, Kambing dan Kerbau di daerah binaanya di Nagari Ampang Kuranji Kecamatan Koto Baru, pada Rabu 16 November 2022.

Pada  giat sambang tersebut, Briptu M. Jerry Khairanda tidak saja memberikan sosialisasi pada masyarakat. Namun pada saat itu ia juga melakukan pemantauan secara langsung kepada hewan ternak warga.

Briptu M. Jerry Khairanda mengatakan, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit menular yang menyerang hewan berkuku belah, baik ternak maupun hewan liar seperti sapi, kambing, dan sebagainya.

Kendati sampai saat ini belum terdapat kasus PMK pada hewan ternak di daerah binaanya namun upaya antisipasi perlu dilakukan sejak dini.

"Untuk itu, kita berharap kepada para peternak sapi dan kambing agar lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan hewan ternaknya," imbaunya.

Ia menjelaskan, PMK ini mutasi dan penularannya sangat mudah, bisa melalui udara, juga bisa lewat manusia ke hewan. Sehingga perlu dilakukan pengawasan yang ketat biar tidak bermutasi atau menularkan satu dengan yang lainnya, katanya.

Masyarakat Jangan khawatir, karena virus ini tidak menular kepada manusia, tapi perlu pengawasan agar hewan ternak tidak bermutasi atau menular dari hewan satu ke hewan lainnya,” jelasnya.

Kalau terjadi kasus yang mengkhawatirkan yang mengarah  ke Penyakit Mulut dan Kuku, segera laporkan ke dokter hewan terdekat, Sehingga dapat di atasi dari dini, ujarnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments