JAMBU BIJI, BENTUK IKHTIAR POLRES PAYAKUMBUH

Jambu Biji, Bentuk Ikhtiar Polres Payakumbuh 

PAYAKUMBUH, Pionir—Banyak sudah cara yang dilakukan Polres Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) dalam antisipasi penyebaran corona virus disease 2019 (Covid 19), mulai dari berjemur, senam, jaga kebersihan lingkungan kantor, penyemprotan disinfektan, penyediaan wastafel dan hand sanitizer, pemeriksaan kesehatan sampai dengan prosedur bagi personel dan masyarakat yang berkunjung ke Polres. 

Menurut Kaporles Payakumbuh AKBP Dony Setiawan didampingi Kabag Sumda Polres Payakumbuh Kompol Russirwan, Sabtu 4 April 2020, apa pun upaya akan ditempuhnya demi menyelamatkan personel polri dan masyarakat Kota Payakumbuh, dari ancaman Covid 19.

Namun upaya yang dilakukan itu katanya menambahkan, harus berpadu menjadi sebuah trilogi, yakni ikhtiar (usaha), doa dan tawakal. Sebagai bentuk ikhtiar terbaru, kata Dony Setiawan, Ia mencoba melakukan langkah pencegahan dengan menyediakan jus jambu kepada personel secara bergantian selama 7 hari belakangan ini.

Dikatakan, menurut ahli kesehatan potensi jambu biji yang dikabarkan menjadi kandidat ampuh untuk menangkal Covid-19.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerja sama dengan institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengembangkan penelitian terkait jambu biji (guajava) sebagai kandidat potensial untuk pencegahan Covid-19.

Dari riset bioinformatika, kandungan dalam jambu biji mampu mencegah atau paling tidak mengurangi virus tersebut. “Sebagai bentuk ikhtiar, tak ada salahnya kita mencoba hasil penelitan FKUI dengan IPB itu.

Bukankah jika seseorang mengharapkan sesuatu, misalnya perubahan nasib, maka ia harus melakukan suatu upaya lahiriah secara aktif dan nyata, dan inilah yang disebut ikhtiar atau usaha.

Demikian pula jika kita berharap terhindar atau selamat dari acaman Covid 19 kita harus memperhatikan petunjuk dari para ahli di bidang kesehatan sebab merekalah yang secara khusus mendalami ilmu di bidang ini yang hukum mempelajarinya adalah fadhu kifayah,” terang Dony. 

Ini juga diakui Kompol Russirwan, dengan mengatakan ; “Sebagai bentuk ikhtiar Polres Payakumbuh, selama satu minggu terakhir telah memberikan kurang lebih sebanyak 350 jus jambu kepada personel secara bergantian. “Dan ini akan berlanjut sampai dengan ke tingkat Polsek,” ujarnya. 

Meski demikian tidak kalah pentingnya kata Russirwan, adalah menjaga pola hidup sehat dan bersih, menjaga jarak baik secara fisik maupun sosial dan mengetahui bagaimana pola penularan virus ini sehingga kita dapat secara sadar mengamankan diri kita sendiri tanpa harus disuruh-suruh atau diingatkan oleh orang lain.

“Untuk memperlancar atau mempermudah upaya lahiriah kita mencapai keberhasilan dalam menangani kasus Covid-19, kita juga harus juga melakukan ikhtiar batiniah, yakni berdoa kepada Allah,” kata Kompol Russirwan. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.