KOTA PARIAMAN SUDAH PUNYA 3 KAMPUNG TANGGUH NUSANTARA "TAGOK" 

iklan adsense
KOTA PARIAMAN SUDAH PUNYA 3 KAMPUNG TANGGUH NUSANTARA "TAGOK"

PARIAMAN, Pionir-Saat ini Kota Pariaman telah memiliki Kampung Tangguh Nusantara dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kampung tangguh yang disebut sebagai Kampung Tangguh Nusantara "Tagok" itu berada di Desa Sikabu di Pariaman Selatan dan Desa Cubadak Mentawai di Kecamatan Pariaman Timur. 

Satu lagi adalah di Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging Ketika peluncuran Kampung Tangguh Nusantara "Tagok" Desa Cubadak Mentawai di Pariaman, Senin 24 Agustus 2020, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengharapkan seluruh desa dan kelurahan di Pariaman juga menjadi Kampung Tangguh Nusantara. 

Acara peluncuran Kampung Tangguh Nusantara "Tagok" ini dihadiri oleh Walikota Pariaman yang diwakili Wakil Waliko Pariaman Drs, Mardison Mahyudin MM, Kapolres Pariaman AKBP Denny Rendra Laksamana M.Psi, Dandim 0308 Pariaman diwakiki Danramil Kota Pariaman Mayor Inf. Irwan, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora Amd, Kapolsek Kota Pariaman AKP Irwandi, SH, Kadis BPMDES Drs. Efendi Jamal, Camat Pariaman Timur M. Arif Gunawan STTP, seluruh Kedes se-Kota Pariaman dan pemuka masyarakat, niniak mamak Desa Cubadak Mentawai Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Dan tamu lainnya. 
Kapolres Pariaman AKBP Denny Rendra Laksamana M.Psi kepada Pionir mengatakan, ada empat aspek suatu daerah ditetapkan sebagai kampung tangguh, yaitu ketahanan di bidang kesehatan, sosial,  pangan, dan keamanan. 

"Dalam kriteria itu nagari juga harus memiliki sejumlah fasilitas mulai dari pos kamling, pemeriksaan kesehatan, dan tempat isolasi. Kemudian penerapannya dievaluasi terus dan ada laporan secara periodik tentang perkembangan," ujar Denny Rendra Laksamana. 

Inovasi yang dimaksud Kata Dia menambahkan, yaitu pemberantasan narkoba dari Desa Sikabu sedangkan Desa Cubadak Mentawai yaitu meniadakan perjudian. 

"Saat ini narkoba dan judi memang menjadi aspek yang dapat mengganggu kesehatan dan tatanan kehidupan masyarakat sehingga harus diberantas," ujarnya. 

Denny Rendra Laksamana menyebutkan, Kampung Tangguh Nusantara merupakan salah satu program unggulan dari pemerintah pusat dalam hal menangani penyebaran Covid-19. 

"Untuk menyukseskan dibentuknya program tersebut, diperlukan peran dari masyarakat mulai dari menjaga kesehatan, kebersihan, dan menyediakan tempat isolasi," beber Kapolres Pariaman ini. 

Ia menegaskan, Covid-19 benar keberadaannya sehingga warga harus terus menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak terpapar virus itu. 
"Banyak pihak yang telah terpapar virus tersebut mulai dari walikota, bupati, sejumlah pejabat lainnya, hingga masyarakat biasa," ujarnya. 

AKBP Deny Rendra Laksmana menjelaskan, di wilayah hukum Polres Pariaman telah terdapat tiga Kampung Tangguh Nusantara. 

Adapun lokasi lainnya selain Desa Sikabu dan Cubadak Mentawai yaitu Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman. (Firman Sikumbang)
iklan adsense

Post a Comment

0 Comments