WAKAPOLDA SUMBAR KUKUHKAN POKDARKAMTIBMAS WILAYAH III PESSEL

iklan adsense

WAKAPOLDA SUMBAR KUKUHKAN POKDARKAMTIBMAS WILAYAH III PESSEL 

PESISIR SELATAN, Pionir--Gedung Painan Convention Center (PCC), Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) pada Senin 29 September 2020 itu dipenuhi orang-orang yang tau betul dengan arti keamanan dan ketertiban masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas). 

Hebatnya, kendati saat ini dalam situasi pandemi Covid-19, namun Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.I.K, MSi berkenan untuk mengukuhkan kepengurusan Pokdarkamtibmas Wilayah III Pesisir Selatan ini, dengan tetap mematuhi protokoler kesehatah. 

Saat mengukuhkan kepengurusan Pokdarkamtibmas Wilayah III Pesisir Selatan itu, Brigjen Edi Mardianto memerintahkan Kapolres dan para Kapolsek agar segera mengukuhkan Pokdarkamtibmas tingkat kecamatan, lurah dan nagari.

"Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka saatnya masyarakat, pemerintah, pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan upaya-upaya penangkalan, pencegahan dan penanggulangan ancaman dan gangguan Kamtibmas dengan bentuk kerjasama maka terbentuklah forum kemitraan yang disebut Pokdarkamtibmas," ungkap Brigjen Edi Mardianto. 

Dikatakan Waka Polda Sumbar ini, tujuan terbentuknya Pokdarkamtibmas adalah dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaanya, terutama dalam hal pemecahan masalah, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi dan mencari solusi dengan prinsip ADR yang berbasis kearifan lokal. 

"Pokdarkamtibmas juga dapat memberikan bimbingan dengan penyuluhan kepada masyarakat tentang masalah ganguan kriminalitas maupun gangguan lainya," ungkap Waka Polda. 

Pada kesempatan itu Brigjen Edi Mardianto berpesan kepada seluruh pengurus Pokdarkamtibmas untuk menjalankan forum rembuk sesuai dengan AD/ART. 

"Kibarkan Pataka forum rembuk keseluruh daerah Sumatera Barat. Bagun koordinasi yang baik dengan stakeholder, berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah Sumatera Barat sesuai amanat dan konstitusi. Jaga nama baik forum rembuk dan nama baik institusi Polri dimana pun berada," ujarnya berpesan. 

Sementara itu Dirbinmas Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Jhoni Soeroto mengatakan, Pokdar tidak membedakan agama, suku, jabatan, profesi, kaya, miskin namun Pokdar membantu seluruh program daerah dalam menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. 

"Pokdarkamtibmas merupakan forum rembuk yang bersifat penyelesaian masalah dalam mengutamakan kearifan lokal dan bentuk kerjasama dengan pihak kepolisian dalam turut serta memelihara maupun kamtibmas, tentunya dengan rasa aman nyaman bagi masyarakat," kata Kombes Jhoni Soeroto. 

Sementara Riswandi Martha, SE, MM selaku Ketua Pokdarkamtibmas Kabupaten Pesisir Selatan mengucapkan terima kasih atas dikukuhkannya Pokdarkamtibmas daerah itu. 

"Semoga setelah pengukuhan ini kita dapat melaksanakan tugas Pokdarkamtibmas dengan sebaik-baiknya," ujarnya. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments