POLRES PAYAKUMBUH DINILAI TIM MABES POLRI 

iklan adsense

POLRES PAYAKUMBUH DINILAI TIM MABES POLRI 

PAYAKUMBUH, Pionir—Rabu siang 18 November 2020 lalu suasana di Aula Rupatama Polres Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) agak berbeda dari biasanya, maklum hari itu ada kunjungan Tim Penilai Internal ZI Mabes Polri dalam rangka peninjauan capaian target pelaksanaan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). 

Kedatangan tim Mabes Polri yang dipimpin Asisten Perencanaan (Asrena) Mabes Polri AKBP Jumadi Ahmad Safarudin yang juga didampingi tim Mapolda Sumbar yakni Kabag RBP Biro Rena Polda Sumbar AKBP Bagus Setiyono, Bripka Abbas Kurnia, Brigadir Taufik Hidayat disambut Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira SH, SIK bersama Wakapolres, Kompol Jerry Syarim dan sejumlah perwira. 

AKBP Jumadi Ahmad Safarudin menyebutkan, kedatangannya bersama tim karena Polres Payakumbuh ditetapkan memperoleh nilai tertinggi se-Indonesia terkait penilaian internal kepolisian, perihal penerapan zona integritas. 

“Saat ini Polres Payakumbuh mendapatkan nilai yang tertinggi se-Indonesia dari tim penilai Internal Mabes Polri. Kita mendoakan agar lancar meraih Predikat Zi Wbk tahun 2020 ini," sebut AKBP Jumadi dalam sambutannya. 

Sementara itu Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira ketika dihubungi Pionir mengatakan, saat ini pihaknya terus berusaha membangun Zona Integritas untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi. 

“Seluruh jajaran Polres Payakumbuh berkomitmen membangun Zona Integritas, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pembangunan Zona Integritas ini digencarkan dalam rangka mempercepat tercapainya reformasi birokrasi di institusi Polri," kata Alex Prawira. 

Alex Prawira menyebutkan, untuk mencapai predikat tersebut Polres Payakumbuh telah melakukan tahapan pembangunan Zona Integritas, diantaranya melakukan sosialiasasi pencanangan pembangunan Zona Integritas dan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh pejabat utama Polres Payakumbuh dan jajaran Kapolsek, Forkompinda Kota Payakumbuh, perwakilan organisasi masyarakat dan media. 

“Demi tercapainya Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Polres Payakumbuh juga sudah menyusun rencana kerja. Pertama, manajemen Perubahan Polres Payakumbuh melakukan upaya perubahan pola pikir dan budaya kerja secara sistematis dan konsisten. Kedua, penataan tata-laksana Polres Payakumbuh melakukan upaya peningkatan efisiensi dan efektifitas sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien serta terukur pada zona integritas menuju wilayah bebas korupsi. Diantaranya, penyusunan SOP, E-Office dan keterbukaan informasi publik,” kata Alex Prawira. 

Rencana kerja lainnya yang telah disusun kata Alex Prawira menambahkan, adalah penataan sistem manajemen sumber daya manusia.“Dalam program ini Polres Payakumbuh telah berupaya meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia melalui berbagai upaya,” katanya. 

Dia menyebutkan, diantara upaya uang telah dilakukan adalah ketaatan terhadap pengelolaan sumber daya manusia, transparasi dan akuntabilitas, kedisiplinan, efektifitas dan profesionalisme sumber daya manusia aparatur pada Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi 

Ditambahkan Alex Prawira, Polres Payakumbuh juga sudah menyusun rencana kerja lainnya, yaitu penguatan akuntabilitas. Dalam program ini, Polres Payakumbuh berusaha mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan dalam mencapai misi dan tujuan organisasi. 

“Program ini dilaksanakan menerapkan penguatan pengawasan berupa pengendalian gratifikasi, penerapan sistem pengawasan internal pemerintah (SPIP), pengaduan masyarakat, whistle blowing system, penanganan benturan kepentingan, dan penyampaian laporan harta kekayaan penyelenggara negara,” ujar Alex Prawira. 

Dikatakan AKBP Alex Prawira, dalam peningkatan kualitas pelayanan publik Polres Payakumbuh berupaya meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada setiap jenis layanan. 

“Upaya-upaya yang dilakukan, antara lain, menyediakan fasilitas dan sarana pendukung yang memadai. Kemudian, peningkatan publiakasi, inovasi aplikasi android Polisiku, inovasi front office, SPKT Mobile, bezuk tahanan online, hilang temu Ranmor dan SPKT terpadu. 

Lalu tampilan sekilas MPP, SKM online, tampilan release SKM, testimoni masyarakat dan testimoni Walikota Payakumbuh. Yang pasti, Polres Payakumbuh berkomitmen siap mewujudkan birokrasi yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme," tegas AKBP Alex Prawira. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments