POLSEK PARIAMAN LIBATKAN DUBALANG SAMPAIKAN PESAN KAMTIBMAS

iklan adsense

POLSEK PARIAMAN LIBATKAN DUBALANG SAMPAIKAN PESAN KAMTIBMAS

PARIAMAN KOTA, Pionir—Semenjak beberapa tahun lalu Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), berupaya menghidupkan peran "dubalang" atau tenaga keamanan desa guna menjaga kebudayaan Minang di kota itu.

Tak hanya itu, awalnya dubalang ini berperan menjaga keamanan, termasuk mencegah masuknya paham radikalisme dan aliran yang menyimpang dari kaidah Islam di Pariaman.

Bahkan Satuan Polisi Pamong Praja yang biasanya biasanya melakukan penertiban keramaian yang melebihi batas waktu izin, namun karena Pariaman termasuk dalam wilayah Minangkabau, maka peran dubalang lebih diperlukan oleh pemerintah setempat.

Fakta itu ternyata dimanfaatkan oleh Kapolsek Kota Pariaman, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Irwandi SH untuk merangkul para Dubalang untuk menyampaikan pesan kamtibmas, serta pembentukan Kampung Tangguh Nusantara dan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kata AKP Irwandi pada Pionir 2 Maret 2020, ia telah memerintahkan Bhabinkamtibmas Bripka Rahmad Kosasih untuk memberikan imbauan kamtibmas kepada Ketua Pemuda dan Dubalang tentang pembentukan KTN dan PPKM, di Desa Sintuk, Kecamatan Pariaman Utara.

Ia pun berharap dengan meningkatnya peran Dubalang tersebut masyarakat di wilayah hukum Polsek Kota Pariaman semakin menyadari arti pentingkamtib mas dan protokol kesehatan, dan yang lebih penting lagi, kebudayaan Minang di kota Pariamn tidak hilang. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments