POLSEK SUNGAI GERINGGING MANFAATKAN DUBALANG UNTUK MENJAGA KAMPUNG

POLSEK SUNGAI GERINGGING MANFAATKAN DUBALANG UNTUK MENJAGA KAMPUNG

PARIAMAN KOTA, Pionir— Walaupun Kota Pariaman tidak memiliki pemerintahan nagari namun keberadaan Dubalang dan Barakai mampu sebagai pelopor kehidupan bernagari di Sumbar. Ini terbukti saat Walikota Pariaman dijabat H Mukhlis Rahman didapingi wakilnya Genius Umar periode 2013-2018 telah melantik dan mengukuhkan Dubalang dan Barakai di daerah itu. 

Seperti diketahui, keberadaan Dubalang ini di Kota Pariaman sendiri merupakan penjaga keamanan desa untuk membantu menjaga keamanan dan ketenteraman di wilayah dusun. Dubalang ini sebagai perpanjang tangan Satpol PP dalam penegakan Perda di Kota Pariaman, sedangkan Barakai adalah petugas kebersihan desa.

Sebegitu pentingnya keberadaan Dubalang ini, Kapolsek Sungai Geringging, Pores Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Anazrul, SH bersama Forkopimca Kecamatan Sungai Geringging, pada Sabtu 13 Maret 2021 melakukan rapat pembentukan Dubalang Nagari Malai III Koto, di Aula Kantor Camat Sungai Geringging.

“Dubalang ini dapat difungsikan sebagai bentuk upaya kemandirian masyarakat dalam menjaga keamanan daerahnya, terutama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Anazrul.

Ia pun berharap Dubalang mampu bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya. Terkhusus Dubalang, kita akan selalu minta terus berkoordinasi dan meminta arahan dari pihak Kepolisian terkait pelaksanaan aturan dan tata cara proses hukum yang akan terjadi nantinya setelah Dubalang ini bekerja di wilayah desa atau kelurahan masing-masing,” ujar Iptu Anazrul. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments