AWALNYA MEMBURU PELAKU CURAS, SENPI OKNUM POLISI MALAH MENYALAK DI TEMPAT HIBURAN MALAM

AWALNYA MEMBURU PELAKU CURAS, SENPI OKNUM POLISI MALAH MENYALAK DI TEMPAT HIBURAN MALAM

PEKANBARU, Pionir—Malam kelam, langit hitam, bintang pun tiada membayang pada Sabtu dini hari 13 Maret 2021 itu. Tiba-tiba dari tempat hiburan malam Jalan Kuantan Raya, kawasan Grand Dragon, Hotel Hollywood, Pekanbaru terdengar suara senjata api (Senpi) menyalak memecah keheningan malam.

Tak disangka, ternyata suara senjata api itu berasal dari oknum polisi berpangkat Bripda dengan inisial AP (24). Rupanya ia tengah “naik pitam” dan mengeluarkan senjata api miliknya serta meluncurkan tembakan terhadap seorang wanita berinisial RO (31), yang diduga teman kencannya.

Akibat tembakan itu RO megalami luka tembak di bagian pelipis sebelah kiri atas, selanjutnya dibawa ke Rumah Sakti Petala Bumi kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru. Kondisi korban pada saat itu masih dalam keadaan sadar.

Peristiwa penembakan itu dibenarkan oleh Kabid Propam Polda Riau, Kombes Gatot Sujono. “Benar, telah terjadi peristiwa penembakan oleh seorang oknim Polisi yang keseharian dinas di Padang Panjang, Sumatera Barat. Untuk sementara kasus kriminal ini ditangani petugas Polresta Pekanbaru. Namun, kasus kode etik terhadap pelaku penembakan akan ditangani oleh Propam Polda Sumbar,” kata Kombes Gatot Sujono.

Dikatakan Kombes Gatot Sujono, peristiwa itu bermula ketika Bripda AP mengunjungi tempat hiburan malam di Jalan Kuantan Raya, Kelurahan Sekip, Kecamatan Limapuluh, yang merupakan wilayah hukum Polres Pekanbaru.

Di tempat hiburan malam itu kata Gatot Sujono, Bripda AP memesan wanita diduga teman kencan lewat aplikasi MiChat. Lalu, dua perempuan berinisial DO dan RO mendantangi AP. Setelah berbincang sesaat, kedua perempuan itu pamit membeli alat kontrasepsi. Namun, AP curiga korban ingin kabur. Ia lalu mengejar korban sembari mengeluarkan senjata.

Dikatakan, saat itu posisi korban sudah berada di dalam mobil. Pelaku kemudian melakukan penembakan tiga kali. Satu tembakan menembus kaca belakang mobil sehingga mengenai pelipis mata korban sebelah kanan.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu yang dihubungi Pionir, Minggu pagi 14 Maret 2021 mengaku telah mendapat kabar bahwa seorang oknum Polres Padang Panjang melakukan penembakan di Pekanbaru, Riau.  “Saat ini kita sedang melakukan lidik. Tunggu saja inormasi selanjutnya,” ujar Satake. 

Hal yang sama juga diakui oleh Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo. Ia  membenarkan oknum Polisi yang diduga menembak teman kencan di Pekanbaru, merupakan anak buahnya.

“Tim dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Padang Panjang sudah menuju Pekanbaru untuk menyelidiki kasus tersebut,” katanya, Minggu 14 Maret 2021.

Dikatakan Apri Wibowo, keberadaan Bripda AP di Pekanbaru sebenarnya untuk melakukan penangkapan tersangka kasus dugaan pencurian dengan kekerasan. AP berangkat bersama tiga rekannya dari Polres Padang Panjang menuju Pekanbaru, Riau.

"Ada empat personel dari Tim Opsnal Polres Padang Panjang melakukan pengejaran terhadap tersangka curas, seorang diantaranya adalah Bripda AP," kata AKBP Apri Wibowo. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments