DANDIM 0319 DAN KAPOLRES MENTAWAI BERIKAN RASA AMAN UMAT KRISTIANI MENJALANKAN IBADAH PASKAH

DANDIM 0319 DAN KAPOLRES MENTAWAI BERIKAN RASA AMAN UMAT KRISTIANI MENJALANKAN IBADAH PASKAH

MENTAWAI, Pionir—Kabupaten Kepulauan Mentawai yang memiliki luas 6.011,35 km2 dan didiami sekitar 85.348 jiwa, menurut catatan 53.01 persen penduduknya menganut agama  Kristen Protestan, Katolik sebanyak 25.77%, Islam 21.21%, dan Hindu 0.01%. Itu artinya, akan banyak penganut agama kristen yang akan menyambut dan merayakan Hari Raya Paskah di kabupaten tersebut.

Berkaca pada kasus peledakan bom di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, maka Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardyanto dan Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai AKBP Mu'at SH MM “menyatukan kekuatan” untuk memberikan pengamanan kegiatan pengamanan pelaksanaan perayaan Ibadah Paskah di sejumlah gereja wilayah hukum mereka.

Untuk memastikan pengamanan itu benar-benar berjalan, bahkan Letkol Czi Bagus Mardyanto bersama AKBP Mu'at langsung turun ke lapangan, Jumat 2 April 2021.

Letkol Czi Bagus Mardyanto yang dihubungi Pionir, Jumat sore 2 April mengatakan, kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan untuk memberikan rasa aman, tenang, tentram dan khidmat bagi para jemaat umat Kristiani dalam menjalankan ibadah Jumat Agung di gereja-gereja.

“Dalam pelaksanaan pengamanan ini kita selalu bersinergi dengan pihak Polerek Kabupaten Kepulauan Mentawai serta instansi terkait,” ujar Bagus Mardyanto.

Dikatakan Bagus Mardyanto, sebelum pelaksanaan ibadah, pihaknya bersama Polres Kepulauan Mentawai terlebih dahulu melakukan sterilisasi gereja sebagai antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Seluruh ruangan yang digunakan ibadah di gereja telah diperiksa oleh petugas gabungan dan disterilkan dengan metal detektor dan mirror detector. Tujuannya tentu saja memberikan rasa aman dan nyaman pada para jemaat yang melakukan ibadah di gereja,” kata Bagus Mardyanto.

Adapun gereja yang dikunjungi Dandim bersama Kapolres dalam Operasi Semana Santa itu adalah Gereja Pniel, Jalan Raya Tuapejat km.4 Mapadegat, Tuapejat, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan gereja lainnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai AKBP Mu'at SH MM juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang melaksanakan Ibadah Paskah, agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, tetap melaksanakan ibadah dengan khusuk, karena TNI-Polri sudah meningkatkan kewaspadaan dengan kesiapsiagaan personel,” kata AKBP Mu'at mengimbau jamaat gereja. (Firman Sikumbang).

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.