BHABINKAMTIBMAS POLSEK SIKABALUAN DIKERAHKAN MENJADI TRACER

iklan adsense

BHABINKAMTIBMAS POLSEK SIKABALUAN DIKERAHKAN MENJADI TRACER

MENTAWAI, Pionir— Kapolsek Sikabaluan, Polres Kepulauan Mentawai, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Jennedi mengerahkan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk menjadi tracer alias pelacak pasien Covid-19. Mereka disebar diseluruh wilayah hukum Polsek Sikabaluan.

Jennedi mengatakan, tugas para Bhabinkamtibmas ini berkoordinasi dengan puskesmas di kecamatan dan kelurahan untuk mengetahui warga yang terinfeksi Covid-19. 

"Setelah itu para Bhabinkamtimas ini mendatangi dan melakukan pendataan. Selanjutnya mereka berkoordinasi dengan petugas puskesmas terkait perawatan medis bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Jennedi.

Dikatakan, Bhabinkamtibmas yang bertugas sebagai tracer akan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat menyambangi para pasien Covid-19 untuk melindungi mereka dari infeksi virus Corona. Mereka tidak bertugas sendiri tetapi didampingi Satgas Covid-19 kelurahan, termasuk di dalamnya Babinsa.

Jennedi mencontohkan pengamanan  dan tracer pasien positif Covid 19 di rumah pasien  di Dusun Nang Nang desa Muara Sikabaluan bersama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 dan TNI-Polri, pada Kamis 29 Juli 2021.

Saat itu kata Jennedi personel Polsek Sikabaluan  melakukan Tracer,  pengamanan dan  serta pemindahan pasien positif Covid 19 dari hasil Swab Universitas Andalas  sebanyak  8 orang, yaitu “TAW” (16 tahun) warga Dusun Pokai Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara. Kemudian “DO” (33 tahun) warga Desa Policoman Kecamatan Siberut Barat.

Selanjutnya “AS” (20 tahun), “RIF” (18 tahun), “PDL” (17 tahun), “SM” (18 tahun), “LCK” (20 tahun) dan “DL” (22 tahun).

Dikatakan, tujuan dilakukannya karantina adalah sesuai dengan  hasil Swab yang dilakukan oleh pihak Nakes Sikabaluan supaya pasien lebih bisa diawasi dan mendapatkan perawatan lebih cepat penanganan dan  agar jauh  dari lokasi keramaian. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments