POLWAN PUTI SINGGALANG “Ujung Tombak” Ditsamapta Polda Sumbar untuk Sosialisasi

POLWAN PUTI SINGGALANG  “Ujung Tombak” Ditsamapta Polda Sumbar untuk Sosialisasi

PADANG, Pionir--Agar masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Sumatera Barat (Sumbar) punya cara sendiri untuk melakukannya.

Keberedaan Polisi Wanita (Polwan) yang tergabung dalam Puti Singgalang pun lebih dioptimalkan untuk melakukan aksi dalam melakukan sosialisasi.

Direktur Samapta Polda Sumbar, Kombes Pol Achmadi SIK kepada Pionir mengatakan, ia sengaja memerintahkan para Polwan untuk berpatroli dan memberikan edukasi agar masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Ini kita lakukan agar imbauan kepolisian lebih menyentuh masyarakat. Kalau personel polisi laki-laki kan sudah biasa, makanya kami ciptakan inovasi dengan mengerahkan Polwan, apalagi kaum perempuan bisa lebih menyentuh secara humanis,” kata Kombes Achmadi.

Dikatakannya, para Polwan Puti Singgalang ini ditugaskan melakukan patroli setiap hari di lokasi-lokasi keramaian, seperti pasar, supermarket, dan lainnya.

Seperti kegiatan patroli dialogis Puti Singgalang Regu C Ditsamapta Polda Sumbar yang dilakukan pada Rabu (21/7), dengan rute yang dimulai dari Mako Polda Sumbar di Jalan  Sudirman - Pasar Alai- Pasar Pagi - Jalan Raden Saleh dan kembali ke Mako Polda Sumbar. 

Patroli dialogis Puti Singgalang Regu C ini dipimpin Ipda Tiara Nur Raudah, S.Tr.K dengan anggota Briptu Cici Asriani, Bripda Huria Rifdah Roffi dan Bripda Prima Suharyana Berlian.

Dikatakan Achmadi patroli yang dilakukan tersebut dalam rangka mengimbau pengunjung pasar untuk menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan, mengingatkan para pengunjung dan pedagang di pasar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (5 M) serta menegur para pedagang dan pengunjung yang tidak mematuhi protokol.

Kombes Achmadi mengatakan, Polwan Puti Singgalang tersebut dibagi menjadi tiga tim yang dipimpin seorang perwira yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. “Sementara untuk patroli pada siang hari personel polwan tersebut digantikan personel laki-laki,” kata Achmadi.

Khusus pada hari Jumat kata Achmadi menambahkan, Polwan Puti Singgalang tersebut melakukan pengamanan di masjid-masjid saat para pria muslim sedang beribadah melaksanan Sahlat Jumat.

Kata Achmadi menjelaskan, pengamanan yang dilakukan Polwan Puti Singgalang agar yang beribadah merasa tenang, dan tak khawatir akan kehilangan kendaraan saat diparkir, (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments