DITSAMAPTA POLDA SUMBAR Bangun Interaksi dengan Masyarakat Melalui Patroli Dialogis

DITSAMAPTA POLDA SUMBAR                      Bangun Interaksi dengan Masyarakat Melalui Patroli Dialogis

Padang, Pionir—Diakui atau tidak, sebenarnya peran komunikasi yang dilakukan Direktorat Samapta (Ditsamapta) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) dalam  peningkatan patroli dialogis di  wilayah hukumnya, terutama di Kota Padang sebagai  ibukota provinsi sudah cukup baik.

Buktinya sampai hari ini Ditsamapta dibawah komando Kombes Pol Achmadi, SIK masih terus melakukan patroli rutin. Seperti patroli dialogis anggota Samapta Subdit Gasum yang dilakukan pada Minggu (5/9/2021).

Kata Kombes Achmadi yang dihubungi Pionir, Senin (6/9/2021) dalam kegiatan yang dimulai dari Mako Polda jalan Sudirman itu tim bergerak menuju Pantai Padang  - Jalan Bundo Kanduang  - Jalan Karya - Pantai Air Manis dan kembali Mako Polda tersebut dipimpin oleh Kanit III Siturjawali Iptu Musni Simanjuntak beserta enam personel anggota Subdit Gasum.

“Sebagai pelaksana patroli pada hari itu Kanit III Siturjawali Iptu Musni Simanjuntak beserta enam personel anggota Subdit Gasum telah  melakukan  perannya  dalam  berpatroli  sebagai  upaya pencegahan  dan  meminimalisir  gangguan  kamtibmas  dengan  baik,” kata Achmadi.

Akan  tetapi  kata Achmadi menambahkan, sampai hari ini, pada pelaksanaan tugas patroli anggota Ditsamapta Polda Sumbar masih juga menemukan ada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama tidak memakai masker saat berada di luar rumah.

Patroli kata Achmadi menjelaskan, merupakan kegiatan yang dominan dilakukan pihaknya, karena berfungsi untuk mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan agar tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat atau pelanggaran hukum dalam rangka upaya memelihara atau meningkatkan tertib hukum dan upaya membina ketentraman masyarakat untuk mewujudkan atau menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Dalam menjalankan tugas, Ditsamapta Polda Sumbar saat ini mengedepankan pendekatan kepada masyarakat dengan cara melakukan patroli dialogis,” ujar Achmadi.

Dikatakannya, tujuan lain dari pelaksanaan patroli dialogis ini adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan sekaligus meningkatkan kedekatan polisi dengan masyarakat. 

Akan tetapi kata Achmadi mengakui, pada kenyataan di lapangan menggambarkan bahwa  sebagian masyarakat bersikap acuh ketika anggota patroli dialogis  Ditsamapta Polda Sumbar mendatangi dan mengajak berinteraksi dengan mereka. (Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments