Kapolsek Sikakap Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Havea

Kapolsek Sikakap Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Havea

Sikakap, Pionir-- Jelang  Natal dan Tahun Baru (Nataru) Polsek Sikakap Polres Mentawai terus mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 baik melalui transportasi darat, maupun transportasi laut. Seperti yang dilakukan Kamis 6 Januari 2022 kemaren di Darmaga Havea Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kapolsek Sikakap AKP Tirto Edhi. SH mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan penerapan protokol kesehatan di pelabuhan Havea secara ketat. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, dan pengaturan physical distancing. Disamping itu juga melakukan cek dan kontrol pada kendaraan dan penumpang yang keluar dan  masuk kapal. Kepada penumpang di wajibkan menggunakan masker. Disamping itu kita juga melakukan pembatasan muatan penumpang, maksimal 70 persen dari kapasitas kapal, "Ini kita lakukan  sebagai upaya  pencegahan penyebaran Virus Covid-19," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kartu Vaksin terhadap masyarakat yang masuk maupun keluar dari Kecamatan Sikakap. Pemeriksaan  itu  dilakukan sebagai bentuk dukungan Polsek Sikakap kepada pemerintah dalam upaya percepatan Vaksinasi.

“Siapa pun itu, mulai dari sopir truk, buruh, ojek, tenaga bongkar muat, hingga anak buah kapal, kru dan penumpang wajib menujukan kartu Vaksin sebelum masuk dan keluar dari pelabuhan Havea, bagi penumpang yang tidak mengantongi kartu Vaksin dilarang beraktivitas dan tidak diperboleh kan masuk ke daerah Sikakap," tegasnya

Lanjut Tirto Edhi mengatakan, untuk mempercepat layanan Vaksinasi ini, pihaknya bersama instansi terkait akan terus memberikan edukasi pada masyarakat tentang pentingnya melakukan Vaksinasi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Kami akan aktif mengedukasi masyarakat bahwa Vaksinasi ini betujuan membentuk kekebalan kelompok dan mengurangi resiko penularan Virus Covid-19," katanya.

Terkait penerapan Protokol Kesehatan Tirto Edhi menjelaskan, saat ini masih banyak masyarakat yang belum disiplin dalam penggunaan masker, meskipun angka positif paparan Virus Corona sudah melandai.

"Kita akan terus melakukan pengawasan serta memberi imbauan kepada para penumpang kapal dan masyarakat  tentang penggunaan masker, ucapnya. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments