Polsek Lembah Melintang Selidiki Kebakaran Lahan Sawit di Wilkumnya

Polsek Lembah Melintang Selidiki Kebakaran Lahan Sawit di Wilkumnya

Lembah Melintang, Pionir—Peristiwa kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit sepertinya menjadi cerita berulang di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Masih segar dalam ingatan masyarakat pada bulan Februari tahun 2020 lalu sekitar lima hektar lahan perkebunan kelapa sawit yang berada plasma Blok A6 Batang Alin Permai, Jorong Lubuk Juangan, Nagari Sungai Au terbakar, pada Kamis 27 Februari 2020.

Kemudian di bulan yang sama (Februari-red) tahun 2021, perkebunan kelapa sawit Plasma Batang Alin Permai Blok 10 di Nagari Sungai Aua seluas 1,5 hektar juga terbakar, pada Kamis 18 Februari 2021.

Kini pada Minggu 20 Februari 2022 kebakaran perkebunan kelapa sawit juga melanda lahan milik Plasma Marokek Jaya Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat.

Peristiwa kebakaran ini diakui Kapolsek Lembah Melintang, Polres Pasaman Barat (Pasbar), Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Zulfikar, SH, MH saat dihubungi Pionir, Selasa 22 Februari 2022.

Ia mengatakan, hal itu diketahui ketika pengawas kelompok tani bernama Afrinal yang membawa empat orang pekerja untuk membabat rumput di Plasma Marokek Jaya II blok A.1B. Kemudian mereka melihat di Blok A.5 telah terjadi kebakaran lahan Plasma. Melihat kejadian tersebut Afrinal beserta 4 orang pekerja berusaha untuk memadamkan api dengan pelepah sawit, namun api tidak bisa dipadamkan. Selanjutnya Afrinal melaporkan peristiwa kebakaran lahan tersebut kepada Feri selaku Ketua Kelompok Tani Marokek Jaya.

Kata Iptu Zulfikar, selanjutnya Feri pun memberitahukan kepada anggota Kelompok Tani Marokek Jaya lainnya untuk membantu memadamkan api di Plasma Marokek Jaya dan sekaligus memberitahukan kepada Mugianto selaku Manager Plasma PT.BPP Bakri Sungai Aur yang juga sebagai Bapak Angkat Plasma Marokek Jaya.

Mendapat kabar tersebut Mugianto selaku Manager Plasma PT.BPP Bakri Sungai Aur tersebut langsung membawa mesin pompa air sebanyak tiga unit, namun sumber air sulit ditemukan di lokasi kejadian kebakaran lahan.

Akhirnya kata Zulfikar menjelaskan, pada hari Senin 21 Februari 2022 sekira jam 12.00 Wib, pihak PT. BPP Bakri Sungai Aur mendatangkan satu unit exavator ke lokasi kebakaran lahan tersebut untuk ikut memadamkan dan membuat parit pembatas agar api tidak semakin meluas. 

Beriringan dengan itu Feri selaku Ketua Kelompok Tani Marokek Jaya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Lembah Melintang tentang kejadian kebakaran lahan perkebunan kelapa sawit di Plasma Marokek Jaya.

Atas laporan tersebut Kapolsek Lembah Melintang, Iptu Zulfikar beserta empat personel lainnya mendatangi lokasi kebakaran lahan tersebut dan menemukan ada kebakaran lahan Plasma Marokek Jaya sekira 10 hektar dan langsung bersama-sama dengan pekerja membantu pemadaman api di lahan tersebut.

“Alhamdulillah api sudah berangsur-angsur mulai padam, namun sumber api dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” kata Zulfikar. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments