Macan Dahan itu Akhirnya Diserahkan ke BKSDA

Macan Dahan itu Akhirnya Diserahkan ke BKSDA

Dharmasraya, Pionir—Seekor macan dahan berwarna belang (kuning, hitam, putih). atau dalam nama ilmiahnya neofelis nebulosa, sejenis kucing berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 95 cm, dengan kaki pendek dan telapak kaki sedikit besar serta ekor panjang, pada Jum'at siang 11 Maret 2022 masuk ke salah satu ruang belajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.

Untung saja para siswa dan guru yang tengah memberikan pelajaran tidak panik dengan kedatangan tamu tidak diundang tersebut.

Para siswa pun mengiring hewan yang banyak hidup di Pulau Kalimantan dan Sumatra yang kini mulai punah tersebut menuju lemari yang ada di ruang kelas tersebut.

Akhirnya macan dahan yang memiliki naluriah berburu di malam hari dan banyak menghabiskan waktunya di atas pohon dan dapat bergerak dengan lincah di antara pepohonan itu masuk ke dalam lemari tersebut.

Merasa hewan itu berada dalam tempat yang aman, para guru sekolah tersebut melaporkan pada Bhabinkamtibmas Polsek Koto Baru, Polres Dharmasraya untuk Nagari Koto Baru Bripka Abdul Ajis.

Tak berapa lama Bripka Abdul Ajis petugas Damkar Pos Koto Baru datang untuk menyelamatkan macan dahan yang “tersasar” dari alam tempat hidupnya itu.

Akirnya Bripka Abdul Ajis bersama petugas Damkar Pos Koto Baru menyerahkan hewan dilindungi itu pada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar melalui Dinas Kehutanan Kabupaten Dharmasraya dalam keadaan hidup, baik dan sehat. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments