Menjelang Datangnya Bulan Ramadan Tingkat Kejahatan Semakin Meningkat

Menjelang Datangnya Bulan Ramadan Tingkat Kejahatan Semakin Meningkat

Pariaman Kota, Pionir- Aksi kejahatan menjelang datangnya bulan Ramadhan semakin meningkat, hal ini di sebabkan karena meningkatnya kebutuhan masyarakat sehingga membuat aktivitas ekonomi turut meningkat. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melakukan tindakan kejahatan 

Untuk mengantisipasi hal itu, Kapolsek Kampung Dalan Iptu Jafri bersama personil nya terus melakukan pengamanan untuk masyarakat dengan cara mengintensifkan patroli  dengan sasaran, kejahatan jalanan, dan premanisme. Selain itu juga mengaktifkan Kring Serse untuk mengawasi dan menangkap para pelaku kejahatan. Tujuannya untuk menjaga situasi keamanan masyarakat di wilayah hukumnya tetap kondusif.

Seperti yang dilakukan personil Unit SPK pada hari Rabu 2 Maret 2022 di seputaran Pasar Rakyat Kampung Dalam, Bank BRI,  Bank Nagari SPBU dan daerah yang dianggap rawan tindak kejahatan lainnya.

Pada kesempatan itu kata Jafri personil SPKT juga mengimbau  masyarakat agar selalu peduli dengan keamanan lingkungan serta waspada terhadap  tindak kejahatan, seperti pencurian ternak, Curanmor, dan pencurian dalam rumah.

"Menjelang datangnya bulan Ramadhan ini, aksi kriminalitas meningkat, hal itu disebabkan karna tinggi nya kebutuhan masyarakat untuk menghadapi datangnya bulan penuh berkah ini," ujarnya.

Aktifkan Siskambling

Untuk mengantisipasi tingginya angka kriminalitas itu ia juga mengimbau warga masyarakat agar kembali mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

Kata Jafri Siskamling ini bisa menjadi sarana antisipasi kejahatan, deteksi dini serta identifikasi dini terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat sesuai pasal 4 Peraturan Kapolri nomor 2 tahun 2002, jelasnya.

"Kemitraan dengan masyarakat sudah ada payung hukumnya, kami tidak bisa sendirian menjaga keamanan mengingat jumlah polisi tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Makanya perlu kemitraan dengan masyarakat untuk mengaktifkan siskamling," pungkasnya.

Selain  menyampaikan pesan Kamtibmas, personil SPK juga mengimbau warga binaanya agar mentaati Protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19, tuturnya ( Firman Sikumbang)


Post a Comment

0 Comments