Polwan Puti Singgalang Ditsamapta Polda Sumbar Ajak Pedagang Dan Pembeli Pasar Tertib Memakai Masker

Polwan Puti Singgalang Ditsamapta Polda Sumbar Ajak Pedagang Dan Pembeli Pasar Tertib Memakai Masker


Padang, Pionir-- Polwan Puti Singgalang Ditsamapta Polda Sumbar terus berupaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus  Covid-19. Salah satunya dengan mendisiplinkan protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker bagi para pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang kawasan Pantai Padang. Jumat 4 Maret 2022.

Untuk melihat dari dekat kepatuhan pedagang dalam pemakaian masker, polwan Puti Singgalang melakukan penegakan protokol kesehatan secara humanis. Bahkan Kegiatan yang melibatkan puluhan Polwan berparas cantik itu mengundang perhatian warga di sekitaran pantai Padang tersebut. 

Kenapa tidak, biasanya operasi penertiban masker ini edentik dengan unsur paksaan, tapi lain hal nya yang dilakukan para Polwan Puti Singgalang ini, mereka malahan membujuk para pedagang tersebut agar mau mengunakan masker saat melayani pembeli.

"Alhamdulillah setiap pedagang yang dikunjungi langsung mengenakan masker pada saat itu juga," ucap Iptu Deli saat di konfirmasikan pionir.

Ia mengatakan operasi penegakan protokol kesehatan ini dilakukan atas intruksi Dir Samampta Polda Sumbar Kombes Pol Akhmadi. S.IK, diawali dengan apel bersama di Mapolda Sumbar. Selanjutnya tim di bagi dalam beberapa kelompok. Sebagian ada yang melakukan operasi penegakan protokol kesehatan pada Pedagang Kaki Lima di kawasan Pantai Padang, dan sebagian lagi di Kawasan Pasar  Raya Padang. Mereka masuk ke dalam pasar untuk melihat langsung kepatuhan pedagang dan pengunjung dalam mengenakan masker.

Dalam operasi penegakan protokol kesehatan tersebut, tim sudah menyiapkan beberapa sanksi sosial bagi pedagang maupun pengunjung yang tidak memakai masker. Namun hingga selesai, tidak ada satupun pedagang atau pembeli yang tidak memakai masker, katanya.

Sementara itu Kasubditgasum Ditsamapta Polda Sumbar Kompol Dedy Indrawan, A.MK mengatakan, bahwa selama ini pihaknya selalu mengingatkan para pedagang kaki lima dan pedagang di pasar raya Padang serta pembeli terkait penerapan protokol kesehatan. Oleh karena itulah baik para pedagang dan pembeli selalu tertib dalam penerapan protokol kesehatan, khususnya dalam pemakaian masker.

"Jika ada pedagang atau pembeli yang kedapatan tidak memakai masker, kami sudah menyiapkan sanksinya. Mulai dari sanksi ringan dulu berupa sanksi sosial dengan cara membersihkan lapak-lapak dan area pasar. Tapi Alhamdulillah, sampai saat ini masih belum ada pelanggaran, pedagang dan pembeli sudah tertib dalam memakai masker,” ungkapnya.

Kami mengajak khususnya pedagang dan pembeli di pasar untuk selalu memakai masker. Semoga upaya ini mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19, harapnya (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments