Kapolres Pariaman Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

iklan adsense

Kapolres Pariaman Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM 

Pariaman Kota, Pionir-- Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Aziz, memimpin Pencanangan Pembangunan Zona Integritas TA 2022 Polres Kota Pariaman dari WBK dan WBBM di Aula Wira Dharmmesti, Mapolres Pariaman, Kelurahan Alai Gelombang, Kecamatan Pariaman Tengah, Jum'at (1/4/22).

Menurut Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Aziz, pihaknya bersyukur karena dapat menggelar acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Polres Kota Pariaman sebagai WBK (Wilayah Bebas Korupsi) Menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) tahun 2022.

"Pencanangan ini, telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, saat ini pelaksanaan Reformasi Birokrasi telah memasuki periode kedua, dimana Pada periode pertama hingga periode kedua telah tercapai banyak kondisi yang mendukung sasaran Reformasi Birokrasi," ungkapnya.

"Yaitu Peningkatan Kapasitas dan Akuntabilitas Organisasi, Pemerintah yang Bersih dan Bebas KKN, serta Peningkatan Pelayanan Publik,” Abdul Aziz, 

Ditambahkan Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz, Zona Integritas (ZI) di lingkungan Polri adalah predikat yang diberikan kepada Polri yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi. Khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik, mulai dari Kapolri dan jajarannya.

Lebih dalam, AKBP Abdul Aziz,  mengungkapkan Predikat Menuju WBK adalah Predikat yang diberikan kepada suatu Unit Kerja yang memenuhi sebagian besar Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, dan Penguatan Akuntabilitas Kinerja.

"Sedangkan Predikat Menuju WBBM adalah Predikat yang diberikan kepada suatu Unit Kerja/Satuan Kerja yang sebelumnya telah mendapat Predikat Menuju WBK dan memenuhi sebagian besar Manajemen Perubahan Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik,” jelasnya.

Dengan Kegiatan Pencanangan ini sebagai bentuk komitmen seluruh elemen Polres Kota Pariaman dalam mewujudkan serta menjaga birokrasi yang bersih di lingkungan Polres Kota Pariaman pada khususnya dan Polri pada umumnya. Pencanangan ini dirasa sangat penting. Tidak hanya supaya bisa memperkokoh integritas yang sudah berjalan selama ini, namun diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Dilaksanakan Secara terbuka dan dipublikasikan secara luas di media lokal/nasional dan papan-papan pengumuman di lingkungan kantor atau yang sejenisnya. Dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat ikut memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam Program Kegiatan Reformasi Birokrasi Khususnya di Bidang Pencegahan Korupsi dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik,” lanjut Kapolres.

Semetara Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan, "Reformasi birokrasi merupakan salah satu langka awal mendukung program pemerintah. Salah satunya untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional, dalam mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment," ujarnya.

Genius juga menuturkan bahwa pihaknya mendukung penerapan WBK dan WBBM di setiap organisasi vertical, dan juga OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik yang ada di Kota Pariaman.

"Semoga dengan semakin banyak nanti yang mendapatkan predikat WBK dan WBBM, menunjukan Kota Pariaman, semakin lebih baik dalam perwujudan Reformasi Birokrasi dan pelayanan publik yang ada di Kota Pariaman," tukasnya.

Lebih wako mengatakan, bahwa Pembangunan Zona Integritas, dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas, dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan, ulasnya.

Genius juga menjelaskan bahwa sasaran Reformasi Birokrasi yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, birokrasi yang efektif dan efisien, dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas.

"Birokrasi sebagai pelaksana tugas pemerintah terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasakan hasil percepatan Reformasi Birokrasi yang telah dilakukan pemerintah," tutupnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Kajari Pariaman, Azman Tanjung, Danramil 01 Pariaman, Mayor T. Irwan, Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Arwinsyah, Kapolsek Pariaman, AKP Edi Karan Prianto, Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, Asisten I Kabupaten Padang Pariaman, Idarussalam, Ketua MUI Kota Pariaman, Syofyan Jamal, Bundo Kanduang Kota Pariaman, Arrahmi, Sekretaris LKAAM, Priyaldi, beberapa Kepala OPD Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, tokoh masyarakat dan para Perwira Polres Pariaman yang hadir.(ha)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments