Kriminalitas Meningkat Selama Bulan Ramadhan, Bhabinkamtibmas Polsek Pasaman Ajak Wali Nagari Aktifkan Siskamling

Kriminalitas Meningkat Selama Bulan Ramadhan, Bhabinkamtibmas Polsek Pasaman Ajak Wali Nagari Aktifkan Siskamling

Pasaman Barat, Pionir--Diketahui semenjak merebaknya pendemi Covid-19 dua tahun yang lalu, menyebabkan semua kegiatan yang melibatkan banyak orang dilarang, seperti berbuka puasa bersama, shalat tarwih  berjamah di masjid, menyelenggarakan bazar atau pasar sembako murah, termasuk juga mudik gratis. Pendek kata, banyak kegiatan yang biasanya ada di bulan Ramadhan tidak bisa diselenggarakan.

Selain itu di bulan Ramadhan, biasanya juga dibarengi dengan meningkatnya angka kriminalitas. Apakah itu kejahatan jalanan, seperti jambret, penodongan, tawuran, pencurian, perampokan hingga pembunuhan. Inti nya dengan adanya pandemi Covid-19 membuat angka kriminalitas di bulan Ramadhan meningkat.

Untuk mengantisipasi supaya hal itu tidak terjadi di wilayah hukumnya, Bhabinkamtibmas Nagari Kapar Kecamatan Luhak Nan Duo, Polsek Pasaman, Polres Pasaman Barat Bripka Alda Syahputra mengajak wali nagari berserta perangkatnya untuk secara bersama-sama menjaga kondusifitas kamibmas, serta selalu waspada terhadap segala bentuk tindak kejahatan.

Alda Syahputra mengatakan, meningkatnya angka kriminalitas di bulan Ramadhan disebabkan karna tinggi nya aktifitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di bulan yang penuh berkah tersebut. Sementara aktifitas mereka dibatasi untuk mendapatkan penghasilan, karna pandemi. Hal ini disinyalir sebagi penyebab utama terjadinya peningkatan kriminalitas, ujarnya

"Untuk mengantisipasi tingginya angka kriminalitas itu sesuai intruksi Kapolsek, kita mengimbau kepada warga agar kembali mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling)," ucapnya

Dikatakanya, dengan siskamling ini bisa menjadi sarana antisipasi kejahatan, deteksi dini serta identifikasi dini terkait gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat, jelasnya.

Ia berharap kepada Walinagari Kapar Edi Hartono SE untuk mendorong warga masyarakat bersama pemuda untuk kembali mengaktifkan siskamling demi keamanan dan kenyaman kita bersama di bulan penuh berkah ini, tuturnya, (awik/firman sikumbang)


Post a Comment

0 Comments