Cegah PMK, Polsek IV Koto Aur Malintang Datangi Peternak Sapi

Cegah PMK, Polsek IV Koto Aur Malintang Datangi Peternak Sapi

IV Koto Aur Malintang, Pionir--Polres Pariaman bersama Polsek jajaran rutin melakukan patroli ke tempat para peternak sapi, kerbau, dan kambing di wilayah hukumnya. Gerakan jajaran Polres Pariaman itu untuk mengingatkan para peternak waspada terhadap wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Para peternak sapi, kerbau dan kambing di Kabupaten Pariaman selalu diingatkan untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mewabah di beberapa daerah dan provinsi belakangan ini.

Seperti yang dilakukan Poles Pariaman melalui Polsek IV Koto Aur Malintang, pada Senin siang 30 Mei 2022, di Korong Padang Bayur.

Kata Kapolsek  IV Koto Aur Malintang Ipda Idham Fadli, SH, saat itu ia memerintahkan Ricky Pratama, Bhabinkamtibmas Nagari Balai Baiak Malai III Koto mendatangi sejumlah peternak sapi, kerbau dan kambing, untuk memberikan imbauan dan mengawasi kesehatan ternak. 

“Saat itu Bhabinkamtibmas Nagari Balai Baiak Malai III Koto mengingatkan peternak untuk selalu waspada dengan penyakit mulut dan kuku pada ternak hewan yang saat ini mewabah. Apabila ditemui hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing yang mulutnya berbusa, kuku pecah-pecah dan demam masyarakat diminta agar segera melaporkan kepada Dinas Peternakan atau mantri hewan,” kata Idham Fadli.  

Intinya kata Idham Fadli, Pores Pariaman bersama Polsek jajaran tidak pernah lelaah mengingatkan peternak untuk selalu waspada dengan penyakit mulut dan kuku pada ternak hewan yang saat ini baru mewabah.

Dikatakan, saat itu Bhabinkamtibmas Nagari Balai Baiak Malai III Koto juga meminta kepada para peternak, agar tidak menjual atau memotong ternak piaraannya yang memiliki gejala yang seperti penyakit mulut dan kuku, untuk segera berkonsultasi dengan pihak terkait untuk diberikan vaksin. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments