Tokoh Adat Tuanku Bosa Talu ke-XV, Ir H Jhonny ZA MM.SI, Apresiasi Komandan Distrik Militer 0305 Pasaman

Tokoh Adat  Tuanku Bosa Talu ke-XV, Ir H Jhonny ZA MM.SI,  Apresiasi Komandan Distrik Militer 0305 Pasaman

Pasaman Barat, Pionir - Dinilai sukses dalam menangani dampak bencana gempa bumi 6,2 SR yang menimpa Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Tokoh Adat  Tuanku Bosa Talu ke-XV, Ir H Jhonny ZA MM.SI,  memberikan apresiasi kepada satuan tugas tanggap darurat serta relawan kemanusiaan bencana gempa. Apresiasi berupa penyerahan penghargaan selaku Pucuk adat Kabuntaran Nagari Talu, Kamis (26/05). 

Tuanku Bosa Talu mengatakan apresiasi yang diserahkan itu merupakan simbol penghormatan atas aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh satgas dan seluruh pihak pada masa tanggap darurat bencana beberapa waktu lalu. 

"Selaku Pucuk adat Nagari Talu, Kami mengapreasiasi Komandan Distrik Militer 0305 Pasaman, Letkol Kav Hary Bakti, yang merupakan Komandan Satgas Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Pasaman Barat" sebut Tuanku Bosa XV.

"Meskipun diserahkan secara simbolis kepada beberapa pihak, namun secara batin ini adalah bentuk apresiasi yang setinggi-tingginya dari kami kepada seluruh relawan dan penggiat kemanusiaan, semoga semua perbuatan baik yang sudah ditorehkan itu dapat dicatatkan sebagai amal baik disisi Allah SWT, " ungkapnya. 

Ia mengatakan, dari pengamatan pihaknya saat ini masyarakat terdampak masih membutuhkan dukungan semua pihak dimasa pemulihan pasca gempa, diantaranya bagaimana menumbuhkan kembali semangat hidup masyarakat terdampak agar bangkit dari keterpurukan baik secara mental, ekonomi dan kehidupan sosial lainnya. 

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya berharap kepada semua pihak yang memiliki kepedulian dan rasa kemanusiaan untuk terus melakukan pendampingan hingga kehidupan masyarakat korban bencana benar-benar mampu mandiri dan lepas dari ketergantungan pihak donatur. 

"Semoga apresiasi yang kami berikan ini bisa menjadi inspirasi sekaligus pemicu rasa kepedulian untuk terus bersatu dan menyatukan diri baik secara individu maupun kelembagaan dalam membantu masyarakat, " harapnya. 

Turut hadir Wakil Bupati Pasaman Barat, H Risnawanto SE, mengatakan hingga saat ini pihak  pemerintah daerah berbagai tingkatan dan lintas sektoral serta para relawan masih terus melakukan aksi kemanusiaan demi memulihkan kembali sendi-sendi kehidupan masyarakat terdampak bencana. 

"Sesuai framing waktu yang sudah ditetapkan saat ini adalah masa dimulainya tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa, pemerintah melalui institusi terkait terus melakukan koordinasi agar tahapan ini bisa berlangsung lancar sesuai target, " jelas Wabup Pasbar.

Sementara itu, Camat Talamau Andre Afandi SSTP dalam sambutannya, mengungkapkan " Terimakasih atas diselenggarakan  apreasiasi atau penghargaan oleh mamandaTuanku Bosa Talu. Acara ini adalah yang perdana dihadirinya selaku Camat Talamau yang serah terima jabatan pada hari Selasa tanggal 23 Mei lalu.

Sambil memperkenalkan diri sebagai putra asli Talamau yang baru memangku jabatan Camat Talamau meminta seluruh unsur mulai  Forkopimca, Wali Nagari, Bamus, Niniak Mamak  untuk serta membantu Camat  bekerja sama dalam memajukan Talamau terkhusus rehabilitasi revitalisasi pasca bencana gempa dan umumnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Talamau.

"Kami presiasi setinggi-tingginya kepada Tuanku Bosa XV Pucuak Adat Kabuntaran Talu yang berinisiatif memberikan apresiasi penghargaan kepada lembaga, instansi, organisasi,  relawan penanggulangan bencana gempa 25 Februari lalu walaupun pengorbanan mereka tidak dapat diukur dengan materi" ungkap Andre 

"Apresiasi juga teristimewa kepada seluruh instansi, organisasi, lembaga maupun relawan penanggulangan bencana gempa yg insya Allah seluruh jerih payahnya selamat ini diberi imbalan oleh Allah Subhana wa ta'aala dgn pahala yang baik disisi Nya" harapnya lagi.

"Kami sadar diantara kesulitan panas hujan begadang letih ada hal yang  harus dihadapi relawan menghadapi korban bencana yaitu umpatan dan cacian korban gempa yg dalam kondisi susah dan emosional harus ditanggapi relawan dengan lapang dada, walaupun kami belum menjabat selaku Camat pada waktu itu kami cukup merasakan bagaimana kondisi tersebut karena kami salah satu petugas posko OPD yang ditunjuk Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana gempa". Pungkasnya.

Dengan Pemberian Apresiasi Penghargaan oleh Tuanku Bosa XV ini kami berharap kepada seluruh relawan menambah semangat dan integritas nya dalam penanggulangan Pasca bencana kedepannya.

"Walaupun kami tahu bahwa upaya relawan tersebut ikhlas tanpa pamrih hanya berharap pamrih pahala dari Allah SWT tetapi Penghargaan apresiasi ini juga sebagai bentuk terima kasih dari pucuak adat Talu Tuanku Bosa XV kepada relawan yang berjuang demi cucu kemenakan di Kabuntaran Talu kecamatan Talamau Kabupaten Pasbar umumnya," ungkap Andre.

Untuk itu ucapan terima kasih ini atas nama Pemerintah Kecamatan Talamau karena relawan telah membantu sanak famili kami di Kecamatan Talamau terkhusus di Kenagarian Talu.

"Terkhusus PMI yang selalu terdepan dalam tugas mulia kemanusiaan selaku ketua dan Wakil Bupati Bapak Risnawanto bersama Bapak Bupati Pasaman Barat juga tiada letih siang malam mengupayakan pemenuhan kebutuhan masyarakat korban gempa, untuk itu kami selaku Pemerintah Kecamatan Talamau meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersabar dalam ujian ini serta berhusnodzhon kepada Pemerintah Daerah bahwa Pemerintah Daerah selalu memikirkan percepatan penanggulangan Pasca Bencana tersebut" Sebutnya mengakhiri.

Apresiasi penghargaan tersebut diserahkan langsung di Rumah Gadang Tuanku Bosa kawasan Koto Dalam Talu, Danramil 03 Talu Kapten CHB Maidarlis Asdar yang mewakili Danramil 0305 Pasaman, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat yang juga Wakil Bupati setempat, H Risnawanto SE beserta jajaran pengurus PMI Kabupaten itu. 

Penghargaan setinggi-tingginya juga diberikan kepada Kapolres Pasaman Barat, AKBP M Aries Purwanto SIK MM, berserta jajajran. Penghargaan diserahkan melalui Kasat Bimmas Polres Pasaman Barat, AKP Jasmardi SH dan penghargaan juga diberikan kepada Kapolsek Talamau, AKP Junaidi SH.

Tak hanya institusi pemerintah dan lembaga kemanusiaan, apresiasi juga diberikan kepada LAZIS Darul Hikmah Pasaman Barat yang diterima oleh Ustadz Abdul Hadi LC dan Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang diterima oleh Kepala Cabang ACT Pasbar, Ahmadiar. (Dolop)

Post a Comment

0 Comments