Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Bahas PMK Bersama Warga di Korong Kampung Piliang

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Bahas PMK Bersama Warga di Korong Kampung Piliang 

Pariaman Kota, Pionir - Selain meningkatkan silaturahmi,  nelakukan kunjungan secara door to door system (DDS) dengan masyarakat semakin memudahkan Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, sekaligus menyerap informasi perkembangan Kamtibmas di wilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Polres Pariaman Aipda Nurul Ikhwan di wilayah binaannya Nagari Limau Purut. Kali ini, bhabin DDS dengan masyarakat di Korong Kampung Piliang Nagari Limau Purut, Jum'at (10/6/2022).

Sekitar Pukul 14.10 WIB, Aipda Nurul Ikhwan mengunjungi beberapa warga membahas seputar penyebaran virus Penyakit Mulut dan kaki (PMK) yang saat ini banyak mendera hewan ternak berkuku belah atau genap seperti Kerbau dan Sapi.

Dijelaskannya, Wabah PMK yang menyerang hewan ternak di Indonesia terungkap dari kasus yang dilaporkan pertama kali di wilayah Provinsi Aceh dan Jawa Timur (Jatim).

Sementara di Sumbar, kasus itu bermula setelah ditemukannya empat ekor sapi di Pasar Ternak Palangki, Kabupaten Sijunjung yang positif terjangkit PMK.

Sekaitan itu dalam rangka pencegahan PMK, Sumbar melakukan pembatasan kedatangan hewan ternak dari luar Sumbar. Sebab, empat sapi yang positif terjangkit PMK di Sijunjung itu didatangkan dari Pekanbaru, Riau.

Aipda Nurul Ikhwan juga berharap, masyarakat dan perternak tidak resah terhadap PMK, karena tidak menular kepada manusia dan daging masih dapat dikonsumsi.

Untuk itu dalam rangka mengantisipasi penyebaran PMK hewan ternak sapi, Aipda Nurul Ikhwan memberikan himbauan agar warga yang mempunyai ternak sapi agar mengkandangkan dan tidak melepasnya secara bebas.

"Selalu jaga kebersihan sekitar kandang, serta melakukan penyemprotan cairan desinfektan,"ujarnya.

Kemudian, jika nanti ditemukan indikasi terpapar, segera lakukan isolasi hewan ternak sapi di tempat yang dianggap lebih aman dan khusus. Selanjutnya, segera laporkan ke petugas kesehatan hewan.

Terakhir, tak lupa Aipda Nurul Ikhwan menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) di tengah Pandemi yang hingga kini belum berakhir.(Uk1)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments