Pelajar Dominasi Pelanggaran Lalulintas, Satlantas Polres Pariaman Giatkan Operasi di Titik Rawan di Pagi Hari

iklan adsense

Pelajar Dominasi Pelanggaran Lalulintas, Satlantas Polres Pariaman Giatkan Operasi di Titik Rawan di Pagi Hari

Pariaman Kota, Pionir - Banyaknya jumlah pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Pariaman, umumnya didominasi pelajar yang belum cukup umur untuk mengemudikan kendaraan bermotor.

Kendati dalam sebulan terakhir ini, telah terjadi penurunan angka pelanggaran lalu lintas. Namun dari data semua pengguna jalan yang melakukan pelanggaran, didominasi oleh kalangan pelajar yang belum cukup umur.

Hal itu dibenarkan oleh Kasat Lantas Polres Pariaman Iptu Anggi Prasetiyo, S.T.K, S.I.K dalam keterangannya, Sabtu (25/6/2022). 

Dikatakan, meski dalam sebulan terakhir ini diketahui jumlah pelanggar lalu lintas telah banyak mengalami penurunan, namun jumlah pelajar atau anak di bawah umur yang terlibat pelanggaran masih cukup mendominasi.

"Beruntung tidak ada kecelakaan dengan korban jiwa, akibat anak di bawah umur yang nekat menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya," tutur Iptu Anggi Prasetiyo.

Dia menyebut, rata-rata pelajar atau anak di bawah umur yang melakukan pelanggaran dalam berkendara, adalah mereka yang tidak memenuhi surat-surat kelengkapan mengemudi atau SIM. 

Mayoritas anak yang terlbat pelanggaran, lanjutnya, merupakan anak-anak berstatus pelajar tingkat SMP dan SMA, namun mereka tetap nekat menggunakan sepeda motor di jalan raya meski tidak memenuhi surat-surat kelengkapan mengemudi atau SIM

Terakhir, Kasat Lantas menekankan, pihaknya tentu akan terus meningkatkan giat operasi di beberapa titik jalan raya yang rawan kecelakaan, utamanya di pagi hari. 

"Di pagi hari, banyak pelajar yang berangkat ke sekolah menggunakan sepeda motor dan berkendara secara ugal-ugalan, sehingga hal itu tidak saja membahayakan diri mereka sendiri tetapi juga bagi orang lain," pungkasnya. ( Uk1)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments