Pangka Tuo Kampuang Garegeh Berikan Penghargaan pada Aiptu Hutri Sony

iklan adsense

Pangka Tuo Kampuang Garegeh Berikan Penghargaan pada Aiptu Hutri Sony

Bukittinggi, Pionir—Agama Islam menegaskan hari Raya Idul Adha harus dimaknai sebagai pesan simbolik yang mengandung pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, seperti meningkatkan takwa, yang berhubungan dengan ketaatan manusia dengan sang pencipta-Nya dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. 

Agaknya hal ini benar-benar dimaknai oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Garegeh, Kota Bukittinggi, Aiptu Hutri Sony. Dengan tugas yang diembannya, dalam menjalankan perintah yang akan dipertanggungjawabkan pada atasan dan Allah Azza Wajala, Hutri Sony dinilai memang menjalankannya dengan penuh tanggungjawab dan ketakwaan.

Tak mengherankan bila Pangka Tuo Kampuang Garegeh Kelurahan Garegeh menganugerahkannya penghargaan yang diserahkan bertepatan dengan perayaan Idul Adha 1443 Hijriah, pada Sabtu 9 Juli 2022, di Masjid Tablighiyah Garegeh.

Piagam penghargaan ini diberikan secara bersama oleh Pangka Tuo Kampuang Garegeh, terdiri dari Sy. Dt. Nan Gamuak (Pangka Tuo Nagari), F. Dt. Labuha Basa (Pangka Tuo Kampuang), A. Dt. Malano Basa (Pangka Tuo Kampuang), Dheo Jhonri Hervandes, S.STP (Lurah Garegeh), Asmad Lukman (LPM Garegeh), Drs. Afdal M. Tk. Sampono (Ketua Pengurus Masjid Tablighiyah Garegeh), Susilawarsih (Bundo Kanduang), Dra. Hj. Misnawati (Ketua BMKT), Zulherman (Ketua IP2GS), dan Dedi Fatria, M.H, Dt. Mkt. Sutan (Ketua Pembangunan Masjid Tablighiyah Garegeh).

Kapolsek Kota Bukittinggi Kompol Hj. Rita Suryanti, SH ketika dihubungi Pionir, Sabtu sore 9 Juli 2022, mebenarkan atas pemberian piagam penghargaan kepada Aiptu Hutri Sony yang bertugas sehari-hari sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Garegeh, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, yang diberikan oleh Pangka Tuo Kampuang Garegeh Kelurahan Garegeh.

“Piagam penghargaan ini diberikan karena kerjasama Bhabinkamtibmas dalam menjaga Kamtibmas dan mendukung setiap kegiatan dan program di Kelurahan Garegeh,” ujar Rita Suryanti.

Sementara Aiptu Hutri Soni yang dihubungi Pionir, mengaku tak menyangka akan menerima penghargaan dari Pangka Tuo Kampuang Garegeh Kelurahan Garegeh tersebut. Ia mengaku apa yang dilakukannya sebagai Bhabinkamtibmas adalah merupakan bentuk perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat.

“Sebagai Bhabinkamtibmas saya berusaha selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan berupaya merespon segala keluhan-keluhan masyarakat serta berusaha mencarikan solusi dan jalan keluarnya. Saya juga berupaya mengikuti semua program baik dari Pemerintah Kota Bukittinggi maupun program di kelurahan seperti pembangunan masjid dan menjaga adat istiadat yang berlaku di lingkungan kelurahan serta menjaga keharmonisan masyarakat,  sehingga melalui cara itu saya berharap kamtibmas akan kondusif,” katanya merendah.

Atas apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Aiptu Hutri Soni itu, Lurah Garegeh Dheo Jhonri Hervandes, S.STP, menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan sinergitas selama ini, sehingga kamtibmas di Kelurahan Garegeh dapat kondusif serta program pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

“Atas bentuk kinerja Bhabinkamtibmas Aiptu Hutri Soni itu, kami melalui Pangka Tuo Kampung Garegeh Kelurahan Garegeh memberikan penghargaan kepadanya,” kata Lurah Garegeh Dheo Jhonri Hervandes.

Apresiasi juga datang dari salah seorang warga Bukittinggi, yang mengaku bernama Muhammad Irwandi (50 tahun). Ia menilai apa yang dilakukan Aiptu Hutri Soni merupakan sebuah bentuk ketakwaan. Sebab kata dia, tingkat ketakwaan Aiptu Hutri Soni tersebut bisa dilihat melalui kepeduliannya terhadap sesama.

Lebih jauh dari itu kata Muhammad Irwandi, dalam konteks memaknai hari Raya Idul Adha, apa yang dilakukan Aiptu Hutri Soni dimaknai sebagai konteks ketaatan kepada orang tua (dalam hal ini pada atasan) dalam berbagai hal selama tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments