Kasat Binmas Polres Pariaman Laporkan Kegiatan Harian Sepanjang Kamis

iklan adsense

Kasat Binmas Polres Pariaman Laporkan Kegiatan Harian Sepanjang Kamis 

Pariaman, Pionir - Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) bertugas melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan pembinaan ketertiban sosial, pembinaan keamanan swakarsa, koordinasi dan pengawasannya, pembinaan kepolisian khusus, pemolisian masyarakat, serta pembinaan dan pengoordinasian Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Sekaitan tugas itu, Kasat Binmas dan Personel SatBinmas Polres Pariaman Polda Sumatera Barat (Sumbar) telah melaksanakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan tugas kebinmasan, baik dengan personel maupun masyarakat sepanjang Kamis, (1/12/2022).

Kasat Binmas Polres Pariaman AKP Haryani Bahri, SH menyebutkan, dalam melaksanakan tugas Satbinmas menyelenggarakan beberapa fungsi. Diantaranya (1).Pembinaan dan pengembangan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa dalam peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan, (2). Pengembangan peranserta masyarakat dalam pembinaan keamanan, ketertiban, dan perwujudan kerja sama Polres dengan masyarakat (3).Pembinaan ketertiban sosial, yang meliputi pembinaan pemuda, wanita, anak-anak, saka bhayangkara, pembinaan karakter masyarakat, penyandang masalah sosial dan kelompok masyarakat lainnya, (4).Pembinaan teknis, pengoordinasian, dan pengawasan polisi khusus serta Satuan Pengamanan, (5). Pemberdayaan kegiatan pemolisian masyarakat yang meliputi pengembangan kemitraan dan kerja sama antara Polres dengan masyarakat, organisasi, lembaga, instansi, dan/atau tokoh masyarakat, (6).Peningkatan kemampuan dan profesionalisme serta pembinaan dan pengoordinasian Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Sekaitan tugas kebinmasan tersebut, sepanjang Kamis (1/12) telah dilaksanakan berbagai kegiatan, baik oleh Kasat Binmas maupun Personel Satbinmas.

Seperti Kasat Binmas Polres Pariaman AKP Haryani Bahri, SH melakukan koordinasi dengan Kasat Pol Airud Ipda Catur Bambang tentang rencana penetapan pengurus Perbakin Kota Pariaman.     

Kemudian, Ps.Kaur Mintu Sat Binmas Bripka Almukhtarif bersama Ps.Kanit Bintibmas Aipda Sari, Ps.Kanit Binpolmas Bripka Rahmad Kosasih, SH, dan Bripka Rambe melakukan kegiatan Pembinaan Pengamanan Swakarsa (Binkamsa) yaitu kepada Satpam di Bank BSI, BTN, Bank Bukopin, dan kegiatan Bintibmas di Kelurahan Pasir Kota Pariaman, sekaligus menyerahkan Sarana Kontak kepada Satpam berupa senter.

Ps.Kaur Mintu Sat Binmas Bripka Almukhtarif bersama Aipda Sari, Bripka Rahmad dan Bripka Rambe melakukan Giat Sambang ke Desa Padang Birik-birik dan melakukan koordinasi dengan Ketua KONI Kota Pariaman Edison TRD tentang perencanaan Muscab untuk pembentukan Pengurus PERBAKIN yang baru.

Terakhir, Ps.Kanit Bhabinkamtibmas Bripka Anton Sihombing melakukan Input Data P.Care Vaksin, dan Briptu Irwanda melaksanakan input Data aplikasi Bos V2 sekaligus melaporkan kegiatan Program Quick Win Presisi kepada Operator yang sudah ditunjuk.

"Kegiatan-kegiatan tersebut telah disampaikan kepada Bapak Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz, S.IK sebagai laporan harian," kata Kasat Binmas Polres Pariaman AKP Haryani Bahri, SH, kemarin. (UK1)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments