Melalui Giat Curhat Kapolsek Linggo Sari Baganti Tampung Aspirasi dari Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama

iklan adsense

Melalui Giat Curhat Kapolsek Linggo Sari Baganti Tampung Aspirasi dari Tokoh  Masyarakat, Adat dan Agama

Pesisir Selatan, Pionir--Kebiasan orang minang lapau sering dijadikan sebagi tempat bersilaturahmi atau sebagai tempat mendiskusikan sesuatu, bahkan lapau seolah menjadi rutinitas yang wajib untuk dikunjungi, lihat saja betapa lapau satu-satunya tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi warga, baik di pagi hari, siang, serta malam hari. Bahkan seolah-olah lebih memilih lapau dari pada rumah mereka sendiri.

Memanfaatkan momen itu Kapolsek Linggo Sari Baganti Polres Pesisir Selatan Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Hendra. SH,MH di dampingi personilnya, Kanit Binmas Aiptu Syahrial, Kanit Intelkam Aipda Robertus R.P. Gule. SH, MH dan Ba Unit Intelkam Bripka Riansyah Putra  melakukan Giat Jum'at Curhat bersama Toga, Toda dan Tomas di daerah tersebut, Jumat 20 Januari 2023.

Kata Iptu Hendra pada Pionir, kegiatan Jumat Curhat tersebut dikemas dalam bentuk dialog secara langsung dengan Toga, Toda dan Tomas. Masing-masing dari tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama tersebut menyampaikan berbagai macam saran dan masukan, salah satunya adalah masalah kenakalan remaja seperti mengkonsumsi narkoba,balap liar dan tawuran antar pelajar.

Menyikapi hal itu, Iptu Hendra mengatakan, Pihaknya akan mengintesifkan patroli di setiap sudut kampung dan mengedepankan peranan Bhabinkamtibmas ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi serta memberikan edukasi kepada para remaja tentang pengaruh buruk mengkonsumsi narkotika.

“Para remaja  adalah lapisan produktif yang menjadi target pasar narkoba. Para bandar ingin melakukan penghancuran masal terhadap para remaja melalui kalangan terpelajar, seperti siswa dan mahasiswa”, ucapnya

Menurut Hendra, pada masa remaja sering mengalami perubahan, dimana mereka bergantung dengan tempat tinggal dan lingkungan dimana remaja tersebut berada. Di masa ini, beberapa remaja sering merasakan dilema karena mereka masih belum bisa memahami dan memproses seluruh perubahan, baik secara fisik dan psikologis yang terjadi di dalam dirinya. 

"Mereka  sedang mencari jati diri melalui berbagai macam bentuk ekspresi di masa remaja. Ekspresi yang diperlihatkan juga beragam, dapat positif maupun negatif, semua itu timbul dikarenakan proses secara naluri dan imitasi yang berasal dari lingkungan. Inilah yang disebut dengan kenakalan remaja,” ungkapnya

Lanjut Hendra mengatakan melalui Curhat Jumat ini kita mengajak Toga, Toda dan Tomas secara bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas, kita menyadari peran serta Toga, Toda dan Tomas sangat diharapkan. Karna tanpa peranan mereka kondusifitas kamtibmas akan sulit untuk diwujudkan, pungkasnya ( Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments