Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Berikan Pengamanan Tradisi Balimau

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Berikan Pengamanan Tradisi Balimau

Pulau Punjung, Pionir--Balimau merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Minangkabau untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Tradisi ini biasanya di lakukan satu hari menjelang pelaksanaan ibadah puasa, masyarakat akan berbondong-bondong menuju ke sungai untuk mandi bersama. Sayangnya, tradisi balimau ini pernah membawa kontroversi. Sebab tradisi ini tidak mencerminkan masyarakat muslim. Pasalnya, tradisi mandi bersama ini justru memperlihatkan laki-laki dan perempuan yang saling berbaur di sungai.

Mulai dari tua, muda, laki-laki, hingga perempuan berbaur menjadi satu. Meskipun masih mengenakan pakaian, tetapi hal tersebut dinilai kurang pantas.

Fakta ini kembali terjadi saat memasuki Ramadhan 1444 Hijriah/2023 Masehi tahun ini. Kendati sebagian besar ulama menegaskan bahwa mandi balimau bukan bagian dari ajaran agama Islam dalam menyambut Ramadhan, namun sebagian dari masyarakat masih saja beramai-ramai menuju tempat pemandian.

Seperti di Kabupaten Dharmasraya, sebagian masyarakat masih ada yang melaksanakan tradisi balimau tersebut. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah hukum Polsek Pulau Punjung Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat (Sumbar), pada 22 Maret 2023

Kata Kapolsek Pulau Punjung Iptu Rasfaizal, saat itu ia mengintruksikan Bhabinkantibmas Nagari Silago Aiptu Iswandi untuk melakukan pengecekan sekaligus memberikan pengamanan pada kegiatan balimau tersebut, di

Pemandian Air Terjun Tambulun Tangbuga Kociak Jorong Buga Nagari Banai Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya.

Pada saat itu Aiptu Iswandi memberikan arahan kepada pengelola lokasi agar selalu menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung agar kondusifitas kamtibmas tetap terwujud, kataya (e'ef)




iklan adsense

Post a Comment

0 Comments