Kapolsek Kampung Dalam Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Menjelang Bulan Ramadhan Datang

iklan adsense

Kapolsek Kampung Dalam Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan Menjelang Bulan Ramadhan Datang

Kampung Dalam, Pionir--Tingginya angka kriminalitas adalah dampak lanjutan dari segala macam masalah sosial yang muncul di tengah masyarakat, salah satunya adalah  tingginya kebutuhan hidup masyarakat, serta sempitnya lapangan pekerjaan memaksa masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara tidak sah atau melakukan tindakan kriminal.

Tindakan kriminal yang dilakukan makin bervariasi,mulai dari cara sederhana sampai menggunakan teknologi canggih (Ilmu Teknologi/IT). Kriminalitas yang dilakukan saat ini seolah ikut memanfaatkan arus globalisasi.

Untuk memenuhi urusan perut mereka menghalalkan secara cara. Meskipun harus bertentangan dengan hukum.

Untuk mengantisipasi hal itu kapolsek Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Jafri. SH mengintruksikan kepada Bhabinkamtibmas untuk selalu memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kejahatan.

Ia mencontohkan seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Barat, Polsek Kampung Dalam Briptu Dahnil Khodrianto. SH di daerah binaannya di Korong Koto Panjang, Nagari Sikucua Barat, pada hari Jumat 2 Maret 2023.

Iptu Jafri mengatakan, sebentar lagi Bulan Suci Ramdhan akan datang, biasanya menjelang datangnya bulan suci ramadhan  angka kriminalitas juga ikut meningkat. Hal ini disebabkan karna padatnya aktifitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dibulan Ramdhan itu. Untuk itu kita mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan meningkatnya tindak kejahatan tersebut.

"Karena berdasarkan analisa dan evaluasi kami, tindak kejahatan akan meningkat menjelang datangnya bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, sehingga tidak ada salahnya kalau masyarakat berhati-hati dan tetap waspada agar tidak menjadi korban kejahatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, kejahatan yang biasanya akan meningkat, yakni curat (pencurian dengan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan, dan pencurian kendaraan bermotor, serta jambret dan penodongan.

Ia berharap, kepada ibu-ibu kalau pergi ke pasar atau ke tempat keramaian untuk tidak membawa uang dalam jumlah banyak, serta tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, karena bisa memancing orang lain untuk berbuat jahat.

"Selain itu, bagi pengendara kendaraan roda dua untuk mengunci ganda kendaraannya, dan apabila meninggalkan rumah dalam keadaan kosong sebaiknya ada tetangga yang mengawasinya," tukasnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments