Kisah Inspiratif Kompol Russirwan, S.H, di Waktu Luang Jadi Petani

iklan adsense

Kisah Inspiratif Kompol Russirwan, S.H, di Waktu Luang Jadi Petani

Payakumbuh, Pionir– Ada sosok sederhana seorang anggota POLRI yang saat ini bertugas sebagai Wakapolres Payakumbuh.

Polisi yang lebih akrab dipanggil ayah ini, selalu mengisi waktu luangnya diluar kedinasan untuk mengelola tanaman dan lahan pada area tanah dengan luas sekitar 500 meter yang berlokasi di Kenagarian Piladang Kecamatan Batu hampar kabupaten Limapuluhkota Provinsi Sumatera Barat.

“Nyambi sebagai petani selain bisa menambah penghasilan guna memenuhi kebutuhan sehari – hari saya, juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran fisik yang sangat diperlukan oleh setiap anggota POLRI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, selain itu saya juga merasakan kebahagiaan tersendiri apabila mendapat hasil panen yang baik melalui hasil keringat saya sendiri”, ujar Russirwan dengan senyum khas nya.

Kegiatan tersebut dilakukannya disela-sela waktu di luar jadwal dinas dan waktu libur, dan hasil dari panennya disisihkan serta digunakan untuk membantu kebutuhan keluarga sehari-hari.

"Hasil panen lumayan untuk menambah kebutuhan sehari-hari, serta membantu menghidupi 1 kepala keluarga yang sudah saya percayakan untuk ikut mengelola lahan tersebut” tambahnya.

Masyarakat dilingkungan lahan tersebut menilai Kompol Russirwan adalah sosok Polisi yang baik, ramah dan giat menyambung silaturahmi dengan masyarakat sekitarnya. 

Kompol Russirwan, S.H, nyambi sebagai petani yang cukup ulet mengelola lahannya mulai dengan turun langsung menanam bibit terong, kacang panjang, ketimun, cabe dll, serta ikut memupuk lahan hingga memanen hasil lahan yang di tanaminya tersebut.

"Belum lama ini secara berkala, saya sudah memanen hasil lahan ini berupa terong 6 kali panen dengan hasil yang cukup lumayan yaitu 3 ton, disamping baru-baru ini juga panen kacang panjang," sambung Ayah.

Dari salah seorang warga yang sempat ngobrol bersama mengatakan, “Ayah bagi kami adalah sosok polisi yang baik, ramah dan unik kalau dilihat dari penampilan diantara polisi-polisi yang juga kami kenal, karena kami lihat Ayah ini dapat bekerja mengelola lahannya seperti petani pada umumnya, sehingga hal tersebut menjadi inspirasi tersendiri bagi kami sebagai petani untuk bekerja lebih giat lagi mengelola lahan kami seperti yang dilakukan Ayah” tuturnya.

Wakapolres Payakumbuh ini berharap kepada anggota-anggota POLRI lainnya dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif produktif dan salah satu contohnya dengan kegiatan bertani, karena secara pribadi dapat meningkatkan kebugaran fisik dan juga membantu kebutuhan ekonomi keluarga.

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments