Tradisi Mambantai Jawi Hiasi Lebaran Tahun Ini

iklan adsense

Tradisi Mambantai Jawi Hiasi Lebaran Tahun Ini

Sungai Geringging, Pionir--Ramadan tinggal hitungan hari, itu berarti Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah akan segera tiba. 

Biasanya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri itu masyarakat di Kecamatan Sungai Geringging, yang merupakan wilayah administratif Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman dan merupakan wilayah hukum Polres Pariaman memiliki tradisi mambantai jawi (menyemblih sapi) dalam merayakannya.

Jumlah hewan yang disembelih pun bermacam-macam. Tradisi mambantai jawi ini biasanya berlangsung satu hari sebelum hari raya. 

Biasanya masyarakat memasak daging di rumah, setelah itu membawanya ke masjid untuk makan bersama tetangga dan warga yang lain.

Untuk menghadapi tradisi mambantai jawi pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Pemerintah Sungai Sirah Kuranji Hulu baru saja melaksanakan rapat tentang pemotongan hewan saat lebaran. 

Rapat itu dilaksanakan pada Rabu siang 12 April 2023 itu dihadiri Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Iptu Bambang Adrian.SH yang diwakili Bhabinkamtibmas Sungai Sirah Kuranji Hulu, Aipda Novri Andri.  Juga hadir saat itu Wali Nagari, Muspika, Koramil, KAN dan ninik mamak Sungai Sirah Kuranji Hulu dan lainnya. 

Tradisi ini kata Kapolsek Sungai Geringging, Iptu Bambang Adrian, bisa dijadikan ajang silaturahmi dan pelepas rindu antara para perantau dengan keluarga di kampung halamannya.

“Biasanya masyarakat memasak daging di rumah, setelah itu membawanya ke masjid untuk makan bersama tetangga dan warga yang lain. Tradisi ini dilakukan setelah sholat ied, salam-salaman lalu kumpul lagi untuk makan bersama di halaman masjid,” ujar Bambang Adrian. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments