Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Ikuti Penyuluhan KB

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Ikuti Penyuluhan KB

Sungai Limau, Pionir--Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam hal ini BKKBN Kabupaten Padang Pariaman mengelar kegiatan penyuluhan Keluarga Berencana (KB ) di Kantor Balai Penyuluhan KB Kecamatan Batang Gasan, Kamis 25 Mei 2023.

Bhabinkamtibmas Nagari Malai V Suku Timur, Polsek Sungai Limau, Polres Pariaman Aiptu Darwin Miza hadir pada kegiatan tersebut mengatakan pada Pionir, penyuluhan KB yang di selengarakan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama masyarakat Kecamatan Gasan Gadang  itu juga di ikuti oleh Pasangan Usia Subur (PUS), Wanita Usia Subur (WUS), Bidan Desa, PKK, para kader, dan penyuluh dari Kecamatan.

Kita berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat memahami dan mengetahui apa yang akan disampaikan nanti oleh narasumber dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat dan kesehatan keluarga, ucapnya.

"Permasalahan KB bukan hanya menyangkut kelahiran dua anak saja. Tapi meliputi aspek kesehatan dan kesejahteraan keluarga juga, ujarnya.

Dikatakan, penurunan angka kematian ibu (AKI) adalah salah satu tujuan dari keluarga berencana. Selain itu, perencanaan kehamilan sebagai ruang lingkup keluarga berencana juga penting untuk mencegah terjadinya stunting.

“Untuk menyukseskan KB maka kuncinya adalah menghindari 4 terlalu. Empat terlalu itu meliputi, terlalu muda untuk hamil, usia terlalu tua untuk hamil, terlalu dekat jarak kehamilan, dan terlalu banyak/sering hamil, Katanya.

Melanjutkan pembicaraan pemateri Aiptu Darwin Miza mengatakan, bahwa KB bukan hanya soal kesehatan, tapi juga kesejahteraan dan kebaikan seluruh anggota keluarga.

Menurutnya, perencanaan anak dan perencanaan keuangan harus seimbang agar nantinya anak yang dilahirkan dapat diasuh dengan baik. Salah satu caranya adalah melalui KB.

“Kalau kita punya anak, harus rumat (bisa mengasuh). Jangan sampai kita hanya bisa membuat anak tapi tidak rumat pada anak kita. Maka jangan sampai terlalu banyak anak, kalau nantinya tidak bisa merawatnya,” tukasnya ( Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments