Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Pasaman Barat Bersama TNI Gelar Pelatihan Paskibra untuk Siswa SMA

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Pasaman Barat Bersama TNI Gelar Pelatihan Paskibra untuk Siswa SMA

Pasaman Barat, Pionir- Personel Bhabinkamtibmas Polres Pasaman Barat, bekerja sama dengan anggota TNI dari Kodim 0305/Pasaman, menggelar kegiatan latihan Paskibra untuk siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, Senin pagi (24/07/2023).

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan contoh sikap dan cara baris berbaris yang baik kepada perwakilan siswa-siswi yang akan bertugas sebagai pengibar bendera di tingkat Kecamatan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan, pelatihan Paskibra ini sangat penting untuk membekali para siswa dengan keterampilan baris-berbaris yang baik dan benar serta pengetahuan peraturan baris berbaris (PBB). 

“Selain itu, para peserta juga diberikan wawasan dan pelatihan untuk memiliki mental yang kuat demi suksesnya pengibaran bendera pada peringatan HUT RI nanti,” ujar Kapolres.

"Proses pengibaran bendera nanti, diharapkan petugas yang telah ditunjuk dapat menjalankan tugas dengan baik. Rajinlah berlatih agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan, dan dapat membanggakan sekolah," ungkap Kapolres.

Kegiatan pelatihan Paskibra dilaksanakan dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat. Di Kecamatan Ranah Batahan, personel Bhabinkamtibmas Nagari Batahan, Bripka Sulaiman Lubis, menjadi pelatih dan mendapat bantuan dari Babinsa Koramil 07/Air Bangis, Peltu Riadi, dan Kopka Joko Mukhlis. Kegiatan latihan ini berpusat dilapangan depan kantor Camat Ranah Batahan.

Di Kecamatan Koto Balingka, kegiatan serupa juga dilakukan oleh Bripka Masriadi, yang juga merupakan personel Bhabinkamtibmas Nagari Parit. Ia dibantu oleh personel TNI dari Koramil 07/Air Bangis, yaitu Sertu Yunilham, Sertu Awal Lubis, dan Sertu Yusral. Latihan Paskibra ini difokuskan dilapangan bola kaki Kecamatan Koto Balingka.

Sementara di Kecamatan Lembah Melintang, Bhabinkamtibmas Nagari Ujung Gading, Aipda Riski Amalia memberikan pelatihan Paskibra kepada pelajar tingkat SMA se-Kecamatan Lembah Melintang. Latihan ini juga melibatkan personel TNI dari Koramil 06/Ujung Gading, yakni Sertu Suryadana dan Serka M. Syuhdi.

Kapolres Pasaman Barat menegaskan bahwa menjadi bagian dari Paskibra merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri. Oleh karena itu, ia mendorong para peserta untuk melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, karena hasil dari pelatihan ini akan membentuk karakter dan mental kepribadian yang kuat.

"Kesuksesan acara nanti tergantung pada pelaksanaan pengibaran bendera, diharapkan para petugas yang telah ditunjuk dapat menjalankan tugas dengan baik. Rajinlah berlatih agar hasilnya memuaskan dan dapat membanggakan sekolah," ujar AKBP Agung Basuki.

Dengan adanya kegiatan pelatihan Paskibra ini, diharapkan moment pengibaran Bendera Merah Putih pada HUT RI ke-78 khususnya di tingkat Kecamatan Kabupaten Pasaman Barat akan berjalan dengan lancar dan sukses seperti yang diharapkan oleh seluruh masyarakat. (HumasResPasbar)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments