Antisipasi Bencana, Kapolsek Kota Pariaman Imbau Warga Tetap Waspada

iklan adsense

Antisipasi Bencana, Kapolsek Kota Pariaman Imbau Warga Tetap Waspada

Pariaman, Pionir--Hujan disertai angin kencang diprediksi masih akan berlangsung hingga akhir pekan mendatang. Karena itu masyarakat khususnya para pengendara di imbau agar waspada saat melintasi daerah yang banyak pohon di pinggir jalan.

BMKG Minangkabau merilis peringatan dini atas terjadinya potensi hujan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat pada sore hari akhir Agustus mendatang.

Peringatan dini cuaca ini meliputi wilayah Kota Padang, Padang Pariaman, Pariaman, Padang Panjang dan Agam sekitarnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Kapolsek Kota Pariaman AKP Haryani Bahri, SH mengintruksikan kepada personilnya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat di masing-masing daerah binaanya, guna mengantisipasi timbulnya kurigian maupun korban jiwa akibat bencana yang terjadi.

Ia mencontohkan seperti yang dilakukan Bripka Erinaldi di Desa Jati Mudik, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Senen 28 Agustus 2023.

Kata Haryani Bahri dalam satu bulan terakhir pihaknya banyak menerima laporan kejadian pohon tumbang, banjir dan tanah longsor di wilayah hukumnya.

“Memang intensitas hujan dan angin kencang cukup tinggi, tetapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” katanya.

Untuk mengatasi banyaknya pohon tumbang yang terjadi akhir-akhir ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, serta mengerahkan personil untuk melakukan evakuasi bersama BPBD dan masyarakat.

Kendati demikian, ia memberi saran kepada masyarakat dan instansi terkait untuk selalu melakukan perapian pohon secara rutin.

Haryani Bahri berharap agar pohon-pohon yang kondisinya sudah rapuh atau sudah tua, baik di halaman rumah maupun di pinggir jalan dirapihkan, agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Jangan menunggu tumbang atau jatuhnya korban lalu menghubungi Kepolisian dan  BPBD untuk evakuasi,” ujarnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments