Peranan Masyarakat Dalam Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Sangat di Harapkan

iklan adsense

Peranan Masyarakat Dalam Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Sangat di Harapkan

Pulau Punjung, Pionir-- Kebutuhan akan  terwujudnya stabilitas Kamtibmas yang kondusif tentunya tidak hanya menjadi keinginan dari aparat penegak hukum saja, tetapi juga bagi masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu di butuhkan pernanan masyarakat dalam mengupayakan terwujudnya kondisi Kamtibmas yang diharapkan.

Tanpa dukungan masyarakat adalah tindakan sia-sia, khususnya ditengah-tengah beragam keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh Polri. 

Ungkapan itu di sampaikan Aiptu Iswandi saat melaksanakan giat Tiada Hari Tanpa Silaturahmi (THTS) bersama Sekretaris Nagari Endri Yadi, A. Md, Kaur, Kasi dan Staf kantor Wali Nagari Silago, Kamis 24 Agustus 2023 kemaren.

Iswandi mengatakan, apabila diperhatikan lebih mendalam, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya masalah Kamtibmas, di antaranya kondisi perekonomian yang belum stabil pasca COVID-19.

COVID-19 membawa malapetaka bagi kehidupan masyarakat. Tidak saja di bidang sosial kemasyarakatan, di bidang perekonomian pun membawa dampak  buruk yang lebih besar.

Pasalnya di saat COVID-19 melanda banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, karna Pembatasan Sosial Berskala Besar, para pedagang banyak yang gulung tikar, karna sepi pembeli.

Akibatnya, angka pengangguran semakin tinggi yang berpotensi meningkatnya angka kriminalitas, sementara biaya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari semakin tinggi.

Disamping itu ketidak pedulian masyarakat terhadap kondisi sosial dilingkungannya juga  turut mendorong terjadinya  kriminalitas.  Sebab, masyarakat yang seharusnya melaporkan beragam masalah sosial yang terjadi di lingkungannya kepada Kepolisian namun justru bersikap diam . Imbasnya menyebabkan kondisi instabilitas (keadaan tidak stabil) tetap tumbuh dan berkembang tanpa bisa di atasi.

Ironisnya, banyak masyarakat yang justru terlibat dalam aktivitas menyimpang tersebut (pelaku kejahatan/ kriminalitas), ucapnya

Untuk mengantisipasi hal itu, kita berharap kepada masyarakat, agar ikut serta bersama Kepolisian mewujudkan kondusifitas kamtibmas. Karna kita yakin, masyarakat mempunyai andil besar untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas tersebut. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments