Polwan Puti Singgalang, "Kami Tidak Butuh Dipuji, Tapi Tolong Dihargai"

iklan adsense

Polwan Puti Singgalang, "Kami Tidak Butuh Dipuji, Tapi Tolong Dihargai"

Padang, Pionir---Diketahui, Polisi zaman sekarang tidak sama lagi dengan Polisi tempoe dulu yang identik dengan militeristik. Polisi sekarang lebih mengedepankan sikap humanis saat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini kentara sekali terlihat saat Polisi wanita (Polwan Puti Singgalang) saat memberikan pengamanan unjuk rasa warga Air Bangis di Mesjid Raya Sumbar beberapa waktu lalu.

Sebagai lembaga negara yang memiliki fungsi kepolisian di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat, Polri identik dengan sikap tegas, dan berwibawa

Kendati sebagai Polisi wanita, karekteristik ini melekat kuat di sanubari mereka. Hal ini bisa kita lihat saat memberikan pengayoman kepada warga masyarakat Air Bangis ketika itu.

"Tugas polisi tidak hanya sebagai penegakan hukum, ada tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Sebagaimana mandat dalam gerakan Reformasi Kultural Polri, yakni polisi sipil yang demokratif harus mampu memadukan peranannya. Dalam artian tidak saja sebagai  penegak hukum semata. Namun, harus bisa memberikan pelayanan kepada masyarakatan yang terbaik," ujar Ipda Deli pada Pionir, saat memberikan pengaman unjuk rasa di Mesjid Raya Sumbar, beberapa waktu lalu.

Ipda Deli mengatakan. Polri di usianya ke-77, berkali-kali diterpa kritik, bahkan di caci dan di buli. Namun hal tersebut tidak membuat surut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan kritikan, dan cacian ini kerap terekspos masif di media sosial.

Tapi apa yang telah kami perbuat untuk masyarakat selama ini kerap dipandang sebelah mata, dengan dogma hal itu sebagai kewajaran yang sudah seharusnya dilakukan. 

Sebagai warga negara yang baik kita di wajibkan untuk saling menghargai dan mengucapkan terima kasih bila menerima batuan, memuji jika seseorang telah melakukan kebaikan, meski sekecil apapun, ucapnya.

"Kami mengakui bahwa Polri belum sempurna dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara ini. Namun kami berjanji, bahwa kami akan terus berbenah. Senantiasa peka dan mendengarkan kritik, masukan, saran. Meskipun pahit, akan kami jadikan evaluasi untuk mewujudkan transformasi menuju Polri yang Presisi, agar Polri semakin dekat dan dicintai masyarakat," katanya.

Lanjut Deli mengatakan, Polri khususnya Polwan Puti Sunggalang akan terus berupaya mewujudkan transformasi menuju Polri yang Presisi yang merupakan abreviasi dari pediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, melalui 16 program prioritas Kapolri, tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments