Polwan Puti Singgalang Redam Gejolak Massa Aksi Unras di Polres Solok Selatan

iklan adsense

Polwan Puti Singgalang Redam Gejolak Massa Aksi Unras di Polres Solok Selatan

Solok Selatan, Pionir-- Kendati Aksi Unjuk Rasa (Unras) masyarakat Nagari Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuhan Kabupaten Solok Selatan. Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada  Sabtu 9 September 2023 kemaren hampir berujung pada anarkis, namun hal tersebut bisa di redam, dengan mengedepankan peranan Polwan Puti Singgalang untuk melakukan pendekatan kepada peserta dan koordinator unjuk rasa.

"Kita sengaja menurunkan Polwan Puti Singgalang untuk melakukan negosiasi kepada pengunjuk rasa, sehingga aksi unjuk rasa berjalan aman, masa pun bubar dengan tertib," ujar Kasi Pasdal Ditsamapta Polda Sumbar, Kompol Maman Rosadi, SH pada Pionir, Rabu 13 September 2023.

Maman Rosadi mengatakan, saat itu ratusan masyarakat Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuhan, memadati Makopolres Solok Selatan, melakukan orasi atas ditangkapnya enam orang pelaku diduga pencurian buah sawit milik salah satu perusahaan di daerah tersebut.

Dalam orasinya mereka meminta enam orang pelaku yang diduga mencuri buah sawit itu di lepaskan. Kendati ada riak-riak kecil, tapi peserta unjuk rasa yang sebahagian besar induak-induak  bisa di amankan oleh Polwan Puti Singgalang, sehingga mereka melakukan aksi unjuk rasa dengan tertib.

Dikatakan Maman, aksi unjuk rasa masyarakat Nagari Bidar Alam Kecamatan Sangir mulai itu datang ke Polres Solok Selatan, sekitar pukul 07.00 WIB untuk menyampaikan aspirasi mereka. Mereka menuntut agar pelaku yang diduga melakukan pencurian buah sawit itu di lepaskan.

"Alhamdulillah kami berhasil mengamankan jalannya unjuk rasa dengan tertib dan aman," kata Maman

Lanjut Maman Rosadi mengatakan, mengedepankan peranan Polwan Puti Singgalang untuk melakukan negosiasi adalah langkah yang tepat. Sebab, 60% dari ratusan peserta unjuk rasa adalah perempuan. Dengan hadirnya Polwan Puti Singgalang dapat meredam gejolak warga, sehingga aksi demo berjalan dengan tertib, kendati awalnya ada riak-riak kecil yang mengarah ke anarkis, namun hal itu bisa diredam oleh Bundo Kanduang Polda Sumbar itu, tukas Maman (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments