POLDA SUMBAR SIAPKAN POLA SISPAMKOTA

Polda Sumbar Siapkan Pola Sispamkota 

PADANG, Pionir--Menghadapi pandemi wabah virus corona atau Covid-19 yang hampir melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, Kepolisisn Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan pola sistem pengamanan kota (Sispamkota) jika terjadi kontijensi semakin buruknya situasi. 

Sikap tegas itu disampaikan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH pada Pionir, Rabu 29 April 2020. Bahkan Toni memastikan bahwa pihaknya telah menyiapkan dan menyiagakan personelnya, apabila sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti gejolak sosial di wilayah Provinsi Sumbar ini. "Polda Sumbar telah menyiapkan pola Sispamkota jika terjadi kontijensi semakin buruknya situasi," ujar Toni. 

Toni mengatakan, Sispamkota tersebut dilaksanakan oleh tiap-tiap Polres di jajaran Polda Sumbar. Apabila di wilayah tersebut terjadi sebuah gejolak, maka Polda Sumbar dan Polres terdekat akan siap membantu melakukan penebalan personelnya. 

“Langkah awal yang telah dilakukan oleh Polda Sumbar dan jajarannya ialah dengan melaksanakan patroli berskala besar, baik di jalanan dan pusat perbelanjaan,” kata Toni. 

Ia mengatakan, tentunya langkah-langkah yang akan dilakukan dari rangkaian demi rangkaian skenario yang disiapkan sudah disesuaikan dengan urutan, waktu dan kebutuhan. 

Yang paling penting dalam hal ini kata Toni menambahkan, anggota yang bertugas memiliki kemampuan mengantisipasi hambatan yang diperkirakan mungkin akan dihadapi pada saat pelaksanaan tugas di lapangan. 

“Dalam hal ini personel yang terlibat dan instansi terkait dalam pengamanan kota dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peranannya masing-masing baik pada saat situasi aman maupun situasi kontijensi serta menentukan pola pengamanan terhadap perkembangan situasi terkait penyebaran Covid-19,” kata Toni. 

Toni Harmanto berharap agar para pemangku kepentingan bersama-sama bersatu melawan virus corona atau Covid-19, sehingga wabah ini akan cepat berlalu dari Sumatera Barat. 

Dalam pelaksanaan Sispamkota ini nantinya, kata Toni Harmanto, Polda Sumbar juga menggandeng pihak TNI untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di tengah masyarakat. 

“Namun kita tetap berharap untuk kejadian yang tidak diinginkan tersebut tidak terjadi di wilayah Sumbar ini,” harap Irjen Toni Harmanto. (Firman Sikumbang)
Labels:

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.