POLSEK SIKAKAP SALING BERBAGI DIHARI BURUH

Polsek Sikakap Saling Berbagi di Hari Buruh 

MENTAWAI, Pionir—Peringatan Hari Buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mai, pada tahun ini sangat jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain tidak ada aksi demo para buruh, juga tidak ada acara syukuran yang digelar. 

Bahkan kabar duka pun “menyelimuti” para buruh di seluruh Indonesia, mereka terancam di PHK dari pabrik, karena dampak wabah virus corona pemerintah memberlakukan pembatasan sosial dan bekerja dari rumah. 

Meski sebagian besar dari para buruh tersebut berusaha mencari pekerjaan lain, namun hal tersebut tetap sulit dilakukan di tengah keterbatasan pergerakan karena PSBB (pembatasan sosial berskala besar). 

Fakta ini juga dialami oleh para buruh di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Beruntung, para buruh ini tak dibiarkan sendiri oleh Kepolisian Resor (Polres) Mentawai bersama Polsek sejajarannya. 

Buktinya pada Jumat 1 Mei 2020 Polsek Sikakap, Polres Mentawai, berbagi kasih dengan para buruh pelabuhan Sikakap. Saat itu Kapolsek Sikakap Iptu Hendri SH didampinggi Waka Polsek Ipda Yanuar dan personel lainnya membagikan sembako sebanyak 20 paket kepada para buruh yang ada di pelabuhan HWK Sikakap. 
“Dalam peringatan Hari Buruh tahun ini kita sengaja hari ini datang ke pelabuhan untuk berbagi dengan para buruh. Karena di tengah imbauan pemerintah untuk membatasi kontak dan pergerakan sosial banyak buruh yang merasakan dampaknya,” kata Waka Polsek Ipda Yanuar pada Pionir melalui telpon seluler, Jumat sore 1 Mei. 

Diakui Yanuar pemerintah memang telah memiliki beberapa program untuk membantu buruh yang kehilangan pekerjaan atau masyarakat umum lainnya yang terdampak Covid-19. Selain program Kartu Prakerja, ada juga program padat karya infrastruktur, padat karya produktif, tenaga kerja mandiri, dan program lainnya. 

Namun demikian kata Yanuar, para pekerja ini juga perlu bantuan sosial atau bantuan langsung tunai, atau program-program pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah seperti ini, jadi mereka juga harus segera disasar untuk diberikan bantuan, karena kehiupan mereka terus berjalan dari hari ke hari. “Untuk itu, hari ini kami mencoba untuk berbagi,” kata Ipda Yanuar. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.