KAPOLRES TANAH DATAR BERSAMA FORKOPIMDA PANEN RAYA PADI DI NAGARI CUBADAK

Kapolres Tanah Datar Bersama Forkopimda Panen Raya Padi di Nagari Cubadak

TANAHDATAR, Pionir - Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, S.Ik, M.Si bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tanah Datar melakukan Panen Raya Padi di Nagari Cubadak, Kecamatan Limo Kaum, Kamis (9/7/2020). 

Panen Raya Padi Sawah kali ini dilangsungkan pada satu hamparan seluas 10 hektar yang terdiri dari kurang lebih 45 petak sawah milik Kelompok Tani (Keltan) Munggu Panjang. Agenda ini merupakan kegiatan serentak yang digelar di seluruh wilayah Indonesia melibatkan pemerintah daerah, TNI dan Polri dalam mendukung ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19. 

Terlebih lagi, saat ini Pangan merupakan sektor kekuatan ekonomi guna mensejahterakan masyarakat. Panen Raya ini ditandai dengan pemotongan Batang Padi secara simbolis bersama Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Pertanian, Kapolres Tanah Datar, Dandim 0307 dan Kajari Tanah Datar. Rombongan Forkopimda didampingi 65 orang yang tergabung dalam kelompok tani Munggu Panjang Nagari Cubadak. 

Kegiatan juga diselingi dengan makan Nasi Lamak Baluo dan Minum Kawa Daun, serta ditambah dengan musik tradisional Talempong Pacik. 
Wali Nagari Cubadak, Asrizailis Dt. Paduko Mawarlis di kesempatan itu mengaku gembira karena dapat melakukan panen raya langsung bersama jajaran Forkopimda pada hari ini.  

"Terima kasih kepada jajaran Forkopimda atas dukungannya dalam hal ketahanan pangan," ungkap Asrizalis sekaligus pimpinan Kelompok Tani Munggu Panjang. 

Ia juga menyampaikan, Kelompok Tani Munggu Panjang memiliki lahan seluas 35 hektar sawah yang terbagi menjadi dua hamparan. Untuk yang panen saat ini, sebutnya, adalah 1 hamparan seluas 10 hektar yang terdiri dari kurang lebih 45 petak sawah. 

Dijelaskan, Kelompok Tani Munggu Panjang rata-rata menghasilkan 7 ton Padi setiap hektarnya. Dengan produksi Padi itu Nagari Cubadak selalu memiliki cadangan beras yang berlebih. 

Terkadang, dikirim keluar daerah. "Dari hasil keuntungan itu, Keltan membangun lahan seperti pembuatan jalan baru dan pembuatan irigasi guna meningkatkan hasil panen," pungkasnya. 

Sementara Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo menyebutkan, dalam menjaga ketahanan pangan sejalan dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo, maka untuk meringankan dampak Pandemi melalui program pemanfaatan lahan dan program padat karya penanaman bahan pangan yang cepat panen dan dilakukan secara masif di seluruh jajaran Polda dan Kodam di seluruh Indonesia, termasuk yang dilakukan secara individu oleh para prajurit TNI dan Polri. 
Oleh karena itu, selain membantu masyarakat di saat jam dinas, personil TNI-Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga memiliki lahan pangan yang digarap sendiri di luar jam dinas guna mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Tanah Datar. "Jadi, di tengah pandemi Covid-19 kita semua tetap produktif,” tukasnya. 

Sebelumnya, masih dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar, Panen Raya Padi juga dilaksanakan di Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang. Panen Raya Padi ini dihadiri langsung Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno. (UK1)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.