POLSEK SIPORA BERI RASA AMAN PADA WARGA DESA SAUREINI DAN SIOBAN

POLSEK SIPORA BERI RASA AMAN PADA WARGA DESA SAUREINU DAN SIOBAN

MENTAWAI, Pionir—Desa Saureinu, kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dengan desa 75,78 kilometer persegi dari hari kehari sering terlihat sepi di siang hari. Ini terjadi lantaran masyarakat desa yang berpenduduk 1.084 jiwa (2018) terdiri dari 576 laki-laki dan 508 perempuan yang berdiam di dusun Bailo, Bullasat, Sawahan, Kaliou, Sikirene, Mangili dan dusun Sumber Air itu pergi bekerja ke ladang di wilayah perbukitan dan pergi ke laut untuk mencari ikan, sehingga rumah rata-rata di tinggal oleh orang tua dan hanya anak-anak mereka saja di rumah dan bahkan ada yang kosong. 

Fakta yang sama juga terjadi desa Sioban, kecamatan Sipora Selatan, kondisi di daerah dengan luas desa 117,24 kilometer persegi dan berpenduduk 2.228 jiwa (2018) terdiri dari 1.112 laki-laki dan 1.116 perempuan ini juga sering sepi di siang hari. 

Selama ini masyarakat desa Sioban yang mendiami dusun Bagat Lelet, Takuman, Tektek Bukku, Sioban dalam, Teitei Pabobokat, Padarai dan dusun Malabbaet ini juga banyak menghabiskan hari mereka di ladang yang berada di wilayah perbukitan dan di laut untuk menagkap ikan. 

Kondisi ini disadari oleh Kapolsek Sipora Iptu Donny Putra, SH MH. Oleh sebab itu ia memerintahkan personelnya agar gencar melakukan patroli ke desa Saureinu dan desa Sioban ini. 

“Ini kita lakukan guna memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, dikarenakan situasi yang sepi dijalanan serta pemukiman masyarakat, karena warga banyak yang sedang pergi bekerja apakah itu keladang atau ke laut untuk mencari ikan, sehingga rumah rata-rata ditinggal oleh orang tua dan hanya anak-anak mereka saja di rumah dan bahkan ada yang kosong,” kata Donny Putra menjelaskan. 
Baru-baru ini kata Donny menambahkan, tepatnya pada hari Senin 20 Juli 2020, ia memerintahkan Kanit Sabhara Polsek Sipora, Bripka Rahmadani Rosal bersama anggota Sabhara untuk melaksanakan patroli dengan sepeda motor (R2) di wilayah desa Saureinu dan Desa Sioban tersebut. 

“Pada saat melaksanakan patroli di tersebut Kanit Sabhara bersama anggota Sabhara juga menyempatkan untuk memberi imbauan mengenai adaptasi kebiasaan baru dengan protokol kesehatan dan juga mengenai imbauan agar stop kekerasan terhadap anak dan perempuan kepada pengguna jalan yang lewat di jalan sepi tersebut,” ungkap Iptu Donny Putra. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.