POLSEK SIKAKAP PERIKSA PARA ABK DI DERMAGA PERIKANAN 

POLSEK SIKAKAP PERIKSA PARA ABK DI DERMAGA PERIKANAN

MENTAWAI, Pionir--Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pekerja sektor maritim adalah salah satu pekerjaan yang memiliki kemungkinan terinfeksi virus tertinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya Anak Buah Kapal (ABK) yang berasal dari seluruh penjuru negeri.  

Di sisi lain masih banyak orang yang kurang peduli kesehatan serta kebersihan lingkungan bahkan tidak mengetahui bahaya wabah virus Corona (Covid-19) yang tengah melanda di seluruh negara bahkan Indonesia, termasuk para ABK. 

Banyaknya orang yang terpapar wabah virus corona atau Covid-19, membuat Polisi semakin gencar melakukan imbauan serta sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya wabah Covid-19. 

Seperi yang dilakukan Kapolsek Sikakap, Polres Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) AKP Tirto Edhi SH, pada hari Rabu 26 Agustus 2020 bersama petugas Tim Satgas Aman Nusa II yang terdiri dari personel Polsek Sikakap, personel Koramil Sikakap, personel Pos AL Sikakap, personel Puskesmas Sikakap, personil Dinas Perhubungan dan personil Satpol PP, yang melakukan pendataan para ABK kapal nelayan dari luar daerah yang merapat ke Dermaga Perikanan Sikakap. 

"Berada di tengah laut, yang artinya para anak buah kapal ini kian sulit mendapatkan tindakan medis yang memadai. Makanya kita perlu untuk melakukan pemeriksaan terhadap mereka guna mengantisipi penyebaran Covid-19," kata Tirto Edhi. 
Dikatakannya, saat itu petugas mendata 115 orang ABK kapal nelayan yang merapat di dermaga perikanan sikakap, kemudian melakukan pengecekan terhadap suhu tubuh para ABK. 

"Saat itu petugas juga memberikan teguran dan peringatan kepada para ABK yang tidak menggunakan masker, kemudian memberikan imbauan tentang adaptasi kebiasaan baru seperti, rajin cuci tangan, selalu menggunakan masker dan menjaga kesehatan," ungkap Tirto Edhi. 

Selain itu kata dia menambahkan, petugas juga memberikan imbauan tentang cara-cara pencegahan Covid-19. 

"Kami berharap agar masyarakat khususnya di Dermaga Perikanan Sikakap dapat memahami dan mengerti tentang wabah virus corona serta dapat mematuhi kebijakan pemerintah dan kami berharap dengan upaya yang telah kami lakukan dapat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” beber Tirto Edhi mengakhiri. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.