FKPM SOLUSI YANG EFEKTIF MENANGANI PERMASALAH DITENGAH MASYARAKAT 

FKPM SOLUSI YANG EFEKTIF MENANGANI PERMASALAH DITENGAH MASYARAKAT 

BUKITTINGGI, PIONIR-- Tidak semua permasalahan yang harus dibawa ke ranah hukum, dan tidak semua masalah yang harus diselesaikan dikantor Polisi. FKPM sebagai wadah Kemitraan Perpolisian Masyarakat bisa menangani permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat. Melalui Balai Kemitraan Perpolisian Masyarakat (BKPM) setiap permasalahan bisa diselesaikan, "duduak basamo ba iyo-iyo" mencari solusi yang saling menguntungkan. 

"Wa wo motte totoshi to natsu." Artinya, keharmonisan atau perdamaian adalah sesuatu yang paling berharga. Dikutip Pionir.news.com dari pernyataan Prof Yoshiro Kusano dari Gakushuin University Tokyo. 

Tidak ada satu pun manusia yang tidak mendambakan keharmonisan atau kehidupan yang rukun, damai, dan saling memahami. Namun dalam realitas kehidupan, persengketaan mudah terjadi karena adanya perbedaan kepentingan, nilai-nilai, budaya, ideologi, atau perbedaan persepsi yang lazim dinamakan ketidak sepahaman. 

Dalam lingkup keluarga mungkin bisa diabaikan, tetapi ketidak sepahaman yang “digoreng” bisa berujung permusuhan yang melebar di tingkat masyarakat, dipastikan bisa mengganggu stabilitas kemanan yang berujung pada gangguan Kamtibmas.

Di era globalisasi ini pengendalian keamanan dan ketertiban menjadi kebutuhan penting guna mewujudkan kehidupan masyarakat sejahtera. Apabila lebih kita cermati dinamika sosial yang terjadi selama ini, kasus kasus dan permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat, apakah itu kasus sengketa tanah ulayat, kekerasan dalam rumah tangga dan sebagainya yang bersifat Tindak Pidana Ringan (Tipiring) sebenarnya dapat ditangani oleh masyarakat itu sendiri, kata Bripka Okriadi SH, MH Bhabinkamtibmas Kelurahan Cimpago Guguak Bulek Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, Polsek Bukittinggi pada Pionir saat dilaksanakannya acara sosialisasi tentang Ketertiban Umum (Tibum) di aula Kantor Lurah Kelurahan Cimpago Guguak Bulek. Pada Selasa 17 November 2020.

Sosialisasi Ketertiban Umum (Tibum) itu mengangkat Tema "Peranan FKPM ditengah masyarakat" yg dihadiri oleh Lurah Cimpago Guguak Bulek,Ketua Karang Taruna, Ketua LPM, ketua RT/RW dan Bundo Kanduang. 

Bripka Okriadi SH, MH mengatakan, Pada saat ini yang seringkali muncul ditengah masyarakat adalah sikap egosentris serta emosi yang tidak proporsional sehingga penyelesaian masalahnya lebih panjang dan menguras energi dengan melimpahkan ke institusi kepolisian. 

Kebijakan lokal seperti musyawarah mufakat tidak lagi menjadi acuan dalam kehidupan bermasyarakat yang sering kita jumpai lebih memilih konsep menang kalah di meja aparat penegak hukum, atau dikantor Polisi. 

Di sisi lain, kata Bripka Okriadi jumlah aparat kepolisian yang tidak sebanding dengan ratio jumlah penduduk yang kian membengkak, menambah problematika sosial yang tidak gampang diatasi, akunya.

Lanjut Okriadi mengatakan, situasi seperti ini lah yang mendorong terbitnya regulasi yang diyakini mampu memberdayakan masyarakat sedemikian rupa dalam bentuk organisasi informal untuk menjadi mitra polisi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pemolisian Masyarakat. 

Diharapkan, permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang ada di lingkungan masyarakat mampu ditangani dan diselesaikan oleh masyarakat secara mandiri, salah satu bentuk wadahnya bernama Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) 

Dengan dibentuknya FKPM permasalahan kamtibmas akan lebih efisien apabila tidak selalu dilimpahkan setiap permasalahan ke kepolisian. Selain menambah beban polisi juga dapat berdampak kurang responsifnya masyarakat terhadap gejala-gejala gangguan kamtibmas yang muncul di lingkungannya, katanya 

Dikatakan Okriadi FKPM dengan memberdayakan peranan tokoh masyarakat, adat dan agama serta tungku tigo sejarangan, yakni Niniak Mamak, Candiak Pandai dan Alim Ulama bisa mengatasi setiap permasalahan yang ada dengan cara bermusyawarah dan bermufakat Katanya, 

"setiap permasalahan yang muncul ditengah masyarakat kini bisa diatasi dengan adanya Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat," (firman sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.