HUJAN KERAP MENGUYUR, KAPOLSEK SUNGAI GERINGGING PANTAU TITIK RAWAN BENCANA ALAM

iklan adsense

HUJAN KERAP MENGUYUR, KAPOLSEK SUNGAI GERINGGING PANTAU TITIK RAWAN BENCANA ALAM 

PARIAMAN KOTA, Pionir--Jalan provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Padang Pariaman dengan Agam, terutama di Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging yang merupakan wilayah hukum Polsek Sungai Geringging, Polres Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) rawan longsor saat terjadi hujan lebat, makanya pesonel dari Polsek Sungai Geringging menggiatkan patroli siaga bencana dengan sasaran utamanya titik-titik lokasi rawan bencana dan juga mengecek beberapa aliran sungai yang berada daerah itu. 

Ini dikatakan Kapolsek Sungai Geringging Iptu Anazrul SH pada Pionir Kamis sore 26 November 2020. Bahkan kata Iptu Anazrul semenjak Selasa 23 November 2020 ia bersama personel Polsek Sungai Geringging mulai melakukan cek lokasi beberapa titik bencana alam pasca hujan lebat yang kerap turun beberapa hari belakangan. 

Dikatakannya, titik bencana alam itu terdapat di Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging. 

Iptu Anazrul selaku pengendali patroli mengungkapkan, dalam sepekan terakhir wilayah hukumnya itu sering diguyur hujan dengan curah cukup tinggi diserta angin kencang. 

“Sejak sepekan belakangan intensitas hujan yang mengguyur wilayah Sungai Geringging agak tinggi yang disertai angin. Hal tersebut tentunya sangat rawan terjadinya bencana alam antara lain banjir maupun tanah longsor serta pohon tumbang. 

Mengingat adanya hal tersebut, patroli kami arahkan ke sasaran utama yakni kawasan rawan bencana,” ungkap Iptu Anazrul. 

Apalagi kata Iptu Anazrul menambahkan, wilayah hukumnya kerap dilanda bencana alam beberapa hari belakangan. Ia pun mencotohkan musibah amblasnya badan jalan di Sariak Laweh Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging. 

Kemudian, banjir bandang di Batang Sungai Putih Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging. 

Akibat dari bencana alam tersebut, beberapa perkebunan dan persawahan warga terkena banjir bandang tersebut. Lalu amblasnya badan jalan di Sungai Putih Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging. 

Longsor menutup badan jalan di Tanjung Sungai Putih, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulum Kecamatan Sungai Geringging. Longsor menutup badan jalan di Limau Purut Kororong Data, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu. Longsor menimbun persawahan warga di Limau Purut Korong Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu. 

Kemudian juga ada peristiwa kuatnya arus sungai di Batang Sungai Putih, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging mengakibatkan terkikisnya tiang jembatan. Longsor di Benteng Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu yang mengenai satu unit rumah warga pada bahagian dapur. 

Selanjutnya longsor bahu jalan di Benteng Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu. Banjir bandang di Batang Sungai Sirah Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, akibat bencana tersebut satu ekor kerbau milik warga hanyut terbawa arus. 

Kemudian ada pula peristiwa jalan terban di Sungai Putih, Nagarai Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging serta banjir bandang di Limau Puruik Korong Data, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu yang mengakibatkan pengikisan terhadap sawah dan perkebunan milik warga. 

“Semua warga yang terdampak bencana serta bencana yang mengakibatkan terganggunya aktifitas warga sudah dilaksanakan goro bersama oleh warga bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta perangkat Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu,” ungkap Iptu Anazrul. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments