KERJA IKLAS SAT INTELKAM ANTARKAN POLRES SOLOK KOTA RAIH PENGHARGAAN NASIONAL 

KERJA IKLAS SAT INTELKAM ANTARKAN POLRES SOLOK KOTA RAIH PENGHARGAAN NASIONAL 

SOLOK KOTA, Pionir-- Kapolres Solok Kota, Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Ferry Suwandi, SIK tak bisa menyembunyikan rasa bangga dan bahagianya manakala kerja ikhlas yang ditunjukan personelnya dalam melayani masyarakat, akhirnya mengantarkan Polres yang berada di kota kecil itu meraih penghargaan nasional dari Badan Intelijen dan Keamanan Kepolisian Republik Indonesia (Baintelkam Polri). 

Seperti diketahui Sat Intelkam Polres Solok baru saja meraih penghargaan peringkat pertama terbaik pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) se-Indonesia. 

Penghargaan bergengsi itu diterima oleh Kasat Intelkam Polres Solok Kota Iptu Jufrinaldi, SH dari Kepala Baintelkam Polri Komjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel, M.Si, dalam rangkaian kegiatan peluncuran hasil survey kepuasan masyarakat (SKM) pelayanan SKCK tingkat Polres tahun anggaran 2020, bertempat di Hotel Sari Pacific Jakarta, Rabu, 11 November 2020 lalu. 

Menurut AKBP Ferry Suwandi saat ditemui Pionir Selasa sore, 17 November 2020 mengatakan, inovasi Sat Intelkam Polres Solok benar-benar bermanfaat bagi masyarakat, terutama disaat pandemi Covid-19 tengah mewabah. 

“Inovasi yang dilahirkan Sat Intelkam Polres Solok adalah one stop service SKCK, dimana masyarakat tidak perlu lagi susah-susah mengisi formulir, cukup dengan menggunakan handphone mengisi seluruh data dan membayar dengan akun BRI Virtual Account (BRIVA). Selanjutnya, masyarakat datang hanya membawa barcode, dan tanpa menunggu lama langsung selesai dengan membawa SKCK. Ferry mengatakan, tidak hanya pelayanan SKCK, Sat Intelkam Polres Solok juga berinovasi dalam pelayanan SIM, SPKT mobile yang merupakan inovasi unggulan Polres Solok Kota dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Karena sekarang masa pandemi sedikit menghambat ruang gerak kita dalam berinovasi. Jika tidak, saya sandingkan dengan SKCK delivery. Jadi masyarakat yang berurusan cukup mengirimkan konfirmasi pengisian data dan barcode melalui pesan aplikasi Whatsapp, nanti kita print dan diantar ke rumahnya. Jadi masyrakat tidak perlu repot-repot berurusan ke kantor, cukup dari rumah saja,” kata Ferry menjelaskan. 

Atas prestasi yang diraih itu, kata Ferri, sebagai bentuk motivasi, baik Satuan Intelkan maupun satuan lainnya di lingkungan Polres Solok, Ferry Suwandi pun memberikan reward kepada pelaksana dan koordinator pelayanan SKCK yang prestasinya sudah diakui tingkat nasional. 

AKBP Ferry Suwandi berharap, ke depan Sat Intelkam Polres Solok Kota lebih optimal meningkatkan layanan kepada masyarakat, dan masyarakat pun tetap memberikan kritik yang membangun demi terwujudnya pelayanan prima. Dengan pencapaian prestasi itu, Ferry pun optimis mampu mempertahankan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

Sementara itu Kasat Intelkam Polres Solok Kota Iptu Jufrinaldi mengatakan, perolehan predikat terbaik atau peringkat 1 se-Indonesia ini dibuktikan dari hasil survey masyarakat terhadap pelayanan Sat Intelkam Polres Solok Kota, yang memperoleh nilai kepuasan masyarakat tertinggi dari Polres lain yang ikut disurvey pelayanan SKCK-nya. 

“Prestasi yang diterima itu merupakan hasil dari kerja keras yang solid tim pelaksana pelayanan di Satuan Intelkam Polres Solok Kota, khususnya dalam pelayanan SKCK,” ungkap Iptu Jufrinaldi.

Ia pun menegaskan bahwa pencapaian tersebut membuktikan bahwa Polres Solok Kota mampu bersaing dengan Polres-Polres hebat lainnya yang didukung dengan sarana prasarana yang mumpuni. 

“Meski kita Polres ‘kampung’ yang terletak di kota kecil, namun dengan tekad bekerja ikhlas melayani masyarakat, akhirnya masyarakat pun merasa mendapatkan ‘penghargaan’ dan keluar meninggalkan Polres ini dengan tersenyum,” ujarnya. 

Ia pun berharap kerja iklas itu tak bernilai sebagai sebuah pencapaian prestasi, akan tetapi juga dapat meninggalkan sesuatu yang membawa kebaikan untuk banyak orang. “Semoga pengabdian ini bernilai sebagai amal untuk kita semua,” harap Iptu Jufrinaldi. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.