DISIPLIN PROKES KUNCI UTAMA MEMUTUS PENYEBARAN COVID-19

DISIPLIN PROKES KUNCI UTAMA MEMUTUS PENYEBARAN COVID-19 

PARIAMAN KOTA, PIONIR--- Upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, Bhabinkamtibmas Nagari Campago Barat, Polsek Kampung Dalam, Polres Pariaman Kota, Brigadir Dicky Wardana melakukan giat Door To Door Systim (DDS) dengan tokoh masyarakat dan perangkat nagari di Kanagarian Campago Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Senen 30 November 2020. 

Dalam giat DDS tersebut Brigadir Dicky Wardana berikan imbauan tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sekaligus mensosialisasikan Instruksi Presiden No.6 thn 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Serta Pergub Nomor : 37 tahun 2020, tentang tatanan baru produktif dan aman Covid 19, serta memantau penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat yang berkunjung kekantor Wali Nagari tersebut. 

Terkait pencegahan Covid-19, Brigadir Dicky Wardana menyampaikan tentang adaptasi kebiasaan baru agar tetap waspada dan lebih disiplin dalam menerapkan protokoler kesehatan. 

"Selalu memakai masker saat beraktifitas diluar rumah, jaga jarak (Physical Distancing), dan rajin mencuci tangan dengan sabun, serta jaga kebersihan dengan menerapkan Pola Hidup bersih Dan Sehat (PHBS) sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19," katanya

Pada kesempatan itu Brigadir Dicky Wardana juga mensosialisasikan perda Adaptasi Kebiasan Baru kepada masyarakat, terkait peneggakan hukum yang terkandung dalam Perda tersebut. 

Seperti sanksi Sosial, sanksi denda dan sanksi kurungan bagi warga yang tidak mengindahkan perda tersebut, ujarnya.  

Dikatakan Dicky, pada massa pandemi covid-19 saat ini kunci utama memutus mata rantai Covid-19 adalah dengan disiplin menerapkan 3M. 

"Mematuhi protokol kesehatan akan lebih efektif mencegah penularan. Apalagi dilakukan secara kolektif," ujar Dicky. 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Universitas Indonesia, mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan 35%, memakai masker kain menurunkan risiko penularan sebanyak 45% dan memakai masker bedah 70%. Sementara menjaga jarak minimal 1 meter bisa menurunkan penularan 85%, kata Dicky. 

Lanjut Dicky mengatakan, Perlawanan Virus Corona akan membawa hasil maksimal kalau semua pihak menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Ungkapnya (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments