IPTU ROSMINARTI WAKILI KAPOLSEK BUKITTINGGI HADIRI LOKMIN LINTAS SEKTOR

IPTU ROSMINARTI WAKILI KAPOLSEK BUKITTINGGI HADIRI LOKMIN LINTAS SEKTOR 

BUKITTINGGI, Pionir--Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) ternyata bukan saja menjadi tanggung jawab sektor kesehatan, puskesmas atau rumah sakit semata, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen kota itu, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak.

Ini terbukti saat digelarya lokakarya mini (Lokmin) lintas sektor Pukesmas Mandiangin tahun 2020, pada Rabu 16 Desember 2020. Dalam kegiatan yang digelar di Aula Pertemuan Kantor Camat Mandiangin Koto Selayan tersebut juga tampak hadir Wakapolsek Kota Bukittinggi Iptu Rosminarti, SH mewakili Kapoksek. 

Dalam kegiatan Lokmin yang mengangkat materi "Memutus Mata Rantai Penyebaran COVID-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru" yang dibuka oleh Camat MKS, Erizal S Sos itu juga terlihat Kepala Puskesmas Mandiangin drg.Deswita beserta staf, Lurah, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Bidan Puskeskel, kelurahan Cimpago Guguak Bulek dan Ipuah Mandiangin staf Kecamatan MKS, RT/RW, Bundo Kanduang, LPM, Bidan Puskeskel, DLH dan lainnya. 

Wakapolsek Kota Bukittinggi Iptu Rosminarti yang dihubungi Pionir usai mengikuti Lokmin tersebut mengatakan, karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, makanya Lokmin tersebut diikutu oleh berbagai elemen. 

Dikatakan Iptu Rosminarti, Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas yang dilaksanakan itu adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

Ditambahkannya, Lokakarya Mini Sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas itu sendiri. 

“Jadi, dengan Lokakarya Lintas Sektor ini diharapkan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat,” ungkap Iptu Rosminarti yang mengikuti acara tersebut sampai selesai. (Firman Sikumbang)

Post a Comment

0 Comments