WASPADA ! PASAR BISA JADI KLASTER BARU PENYEBARAN COVID-19 

WASPADA ! PASAR BISA JADI KLASTER BARU PENYEBARAN COVID-19 

BUKITTINGGI, PIONIR--- Penularan Virus Corona atau Covid-19 masih terjadi di tengah masyarakat. Penyebarannya yang secara berkelanjutan dapat memicu dan memperburuk berbagai permasalahan sosial dan ekonomi. 

Kepatuhan dan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan menjadi kunci utama penanganan Covid-19. Dalam konteks tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah pula mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020. 

Ini merupakan langkah untuk memastikan apakah penerapan protokol kesehatan sudah diterapkan secara disiplin dan patuh oleh masyarakat. 

Menyikapi hal itu, Kapolsek Kota Bukittinggi AKP Dedy Ardiansyah Putra SH, S.IK mengintruksikan pada Bhabinkamtibmas Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Salayan Aiptu Yoni Aidir SH melakukan patroli di kawasan Pasar Atas Bukittinggi.

Sebab, pasar menjadi salah satu titik vital penularan Covid-19 karena masih banyak masyarakat yang beraktivitas dalam jumlah besar. 

Dedy Ardiansyah Putra mengatakan, Pasar bisa menjadi salah satu Klaster penyumbang angka kasus Positif Covid-19 terbanyak kalau tidak dilakukan upaya pencegahan sejak dini. 

Pemerintah dan pengelola pasar pun harus melakukan upaya untuk mencegah penularan Covid-19 ini. Salah satunya melakukan pengawasan dan mengedukasi para pedagang dan pengunjung pasar.  

Sepertinya AKP Dedy Ardiansyah Putra SH, S.IK memahami betul hal tersebut, bahwa pada area pasar harus mendapatkan perhatian serius untuk mencegah penularan Covid -19. 

Menindak lanjuti intruksi Kapolsek Kota Bukittinggi itu, pada Kamis 24 Desember 2020, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Salayan Aiptu Yoni Aidir SH melakukan penyisiran disetiap sudut pasar melakukan sosialisasi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada pedagang dan pengunjung di Pasar Atas Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Giat ini dilakukan dalam upaya mencegah penularan Covid-19 dan mengantisipasi terjadinya klaster baru sebagai penyumbang penularan covid-19 terbanyak di Kota Bukittinggi. Disamping itu mengawal kebijakan Pemerintah mengenai Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal." Kata Dedy Ardiansyah pada Pionir 

Dalam kegaiatan tersebut kita menyampaikan imbauan Prokes terkait penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Disamping itu memberikan teguran lisan agar para pengunjung dan pedagang pasar dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan pemerintah yaitu,memakai masker, menjaga jarak, dan mecuci tangan dengan sabun setelah pulang dari pasar,  kata Dedy Ardiansyah Putra. 

Kata Dedy Ardiansyah Putra, kita selalu mengingatkan kepada pedagang dan pengunjung dipasar Atas Bukittinggi ini agar selalu menjalani protokol kesehatan, serta selalu mematuhi aturan pemerintah terkait situasi Pandemi saat ini. 

“Kita akan selalu berupaya terus untuk mengatasi mewabahnya penyebaran virus Corona ini. Disamping itu Polsek Kota Bukitinggi akan selalu menjadi pengawal program pemerintah dimasa Pandemi ini,” ungkapnya (Firman Sikumbang)

Post a Comment

[facebook]

Author Name

{picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.